Pengaruh Sumber Belajar Elektronik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Xi Masa Daulah Abbasiyah Di Man 2 Kerinci

Submitted by admin on Thu, 01/18/2024 - 10:47
Deskripsi/Abstract

Sumber belajar merupakan segala sumber pendukung untuk kegiatan belajar. Perkembangan tekhnologi pada masa sekarang ini tentu memberikan dampak yang signifikan pada siswa khususnya dalam proses pembelajaran. Dengan perkembangan tekhnologi yang semakin pesat sumber belajar pun juga akan semakin bervariasi. Adanya variasi dari sumber belajar ini akan memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa di Madrasah khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Dari Sumber Belajar Elektronik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah Kelas XI di MAN 2 Kerinci dikarenakan perolehan nilai yang didapatkan oleh siswa masih belum mencukupi KKM. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif teknik pengumpulan data kusioner yang butir pertanyaan sudah terbukti valid dan reliabel untuk digunakan dengan nilai rhitung sebesar 0,042 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, yaitu; a) Kondisi Belajar ; kondisi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam masih belum optimal dengan ditemukannya jumlah siswa yang tuntas hanya 45% dengan jumlah 34 siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 42 dengan persentase 55%; Oleh karena itu, penggunaan sumber belajar harus diperhatikan lagi. b) Adanya Pengaruh antara Sumber Belajar dan Hasil Belajar; Sumber belajar dengan hasil belajar memiliki korelasi rhitung > rtabel, yakni 10,493 > 2,140, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar.; c) Kuat Pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar; Besar sumber belajar mempengaruhi hasil belajar dapat dilihat dari adanya uji t, diperoleh thitung = 9.707 signifikansi pada taraf 0.000, adapun ttabel pada taraf signifikansi 0.05 dengan n = 76 maka df = n – 2 yaitu 76 – 2 = 74. Jadi nilai ttabel = 1.668. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung = 9.707 ≥ ttabel 1.668 dengan α = 0.05 sehingga H0 ditolah dan Ha diterima. Hal ini berarti sumber belajar memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi