Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1. E-modul interaktif matematika berbasis open ended yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan persentase 91,81%. Kevalidan e-modul interaktif tersebut tergambar dari hasil validasi oleh ahli terhadap empat aspek validasi e-modul interaktif, yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan keterbacaan, dan kegrafikan. 2. E-modul interaktif matematika berbasis open ended yang dikembangkan berkategori sangat praktis dari guru dan siswa dengan persentase nilai akhir 100% dan 89,37%. Kepraktisan e-modul interaktif ini dapat dilihat dari kemudahan guru dan peserta didik menggunakan e-modul interaktif. Hal tersebut tergambar melalui empat aspek kepraktisan e-modul interaktif, yaitu aspek kemudahan penggunaan, waktu yang diperlukan, mudah diinterpretasikan, dan memiliki ekivalensi yang sama. Dengan demikian, e-modul interaktif yang dikembangkan ini disederhanakan sampai tahap pengambangan dan dapat dikatakan valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu, e-modul interaktif ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar matematika, khususnya materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa
kelas VIII SMP/MTs.