terlihat bahwa sekolah ini merupakan sekolah swasta dimana siswanya seluruhnya beragama Islam, dan mereka memiliki banyak kegiatan keagamaan (Islam) yang aktif dilaksanakan, selain kegiatan-kegiatan keagamaan yang mendukungpendidikan karakter, lingkungan sekolah sudah membiasakan kegiatan-kegiatan yang membentuk karakter siswa meliputi kebiasaan 3S (senyum, salam, sapa) antara guru dan siswa, kebersihan lingkungan sekolah, kedisiplinan, dan keteladanan yang diberikan oleh para guru. Sehingga pihak sekolah yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya guru PAI saja, tetapi kepala sekolah dan guru lain juga ikut bekerja sama didalamnya. Adapun Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk pendidikan karakter religius dan disiplin siswa di SDIT Amanah Sungai Penuh (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter religius dan disiplin siswa di SDIT Amanah Sungai Penuh (3) Untuk mengetahui hasil pendidikan karakter religius dan disiplin siswa di SDIT Amanah Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru, Orangtua siswa, Siswa, adapun yang menjadi informan kunci adalah Para Guru. Data dalam penelitian ini adalah berupa data primer dan data sekunder sedangkan sumber data berupa sumberdata primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh agar objektif, terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, Trianggulasi, dan kosultasi Pembimbing. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Bentuk Pendidikan Karakter Relegius dan Disiplin yang dilaksanakan di SDIT Amanah Sungai Penuh adalah, Kegiatan Rutin, kegiatan rutin terdiri dari kegiatan rutin harian, mingguan maupun bulanan. Seperti berbaris pagi sebelum masuk kelas, tadarus pagi, shalat dhuha danzuhur berjama’ah, yasinan setiap hari jum’at, latihan silat, pramuka dan peringatan hari besar Islam. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Relegius dan Disiplin siswa di SDIT Amanah Sungai Penuh menggunakan dua cara, yakni intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Adapun pelaksanaan Pendidikan Karakter Relegius dan Disiplin di SDIT Amanah Sungai Penuh dengan cara intrakurikuler adalah dengan memasukkan nilai karakter relegius dan disiplin pada proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah sedangkan ekstrakurikuler adalah dengan melaksanakan ekstrakurikuler yang berkarakter relegius dan disiplin(3) Hasil pendidikankarakter religius dan disiplin menunjukkan bahwa ada perubahan menjadi lebih baik pada diri siswa,yaitu: a). Meningkatkan kebiasaan beribadah siswa, b). Kemampuan membaca al-Quran siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, c). Siswa menerima ajaran Islam baik secara teori maupun praktik, d). Adanya kepatuhan dalam mengikuti aturan dan tata tertib sekolah, e). Siswa mudah diatur dan ditertibkan.