Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penggunaan metode
pembelajaran dan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kondisi awal penggunaan
metode card sort oleh guru dan kondisi awal aktivitas siswa, 2) upaya optimalisasi
penggunaan metode card sort untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan 3)
capaian belajar siswa melalui penggunaan metode card sort.
Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Informan penelitian terdiri dari guru agama dan siswa kelas VI Sekolah Dasar
Negeri (SDN) 181/III Koto Baru Hiang. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui
teknik analisis data mengalir, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kondisi awal penggunaan
metode card sortir belum sesuai dengan ketentuan, baik dalam menentukan
langkah maupun dalam penggunaannya. Kondisi awal aktivitas belajar siswa juga
belum dapat ditingkatkan, 2) upaya optimalisasi penggunaan metode card sort
dilakukan dengan menetapkan langkah-langkah sesuai ketentuan dan
menerapkannya secara konsisten dalam kegiatan pembelajaran, dan 3) tercapainya
ketercapaian keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi,
seperti semua siswa mengajukan pertanyaan dengan menuliskannya pada kertas
yang telah dibagikan dan sebagian besar siswa dapat mengangkat tangan untuk
ikut serta menjawab pertanyaan demi pertanyaan
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI GERI KURNIAWAN.pdf6.66 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.