OPTIMALISASI METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 181/III KOTO BARU HIANG

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:41
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas belajar pendidikan agama Islam siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kondisi awal penggunaan metode card sort oleh guru dan kondisi awal aktivitas siswa, 2) upaya optimalisasi penggunaan metode card sort untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan 3) capaian belajar siswa melalui penggunaan metode card sort. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian terdiri dari guru agama dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) 181/III Koto Baru Hiang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui teknik analisis data mengalir, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) kondisi awal penggunaan metode card sortir belum sesuai dengan ketentuan, baik dalam menentukan langkah maupun dalam penggunaannya. Kondisi awal aktivitas belajar siswa juga belum dapat ditingkatkan, 2) upaya optimalisasi penggunaan metode card sort dilakukan dengan menetapkan langkah-langkah sesuai ketentuan dan menerapkannya secara konsisten dalam kegiatan pembelajaran, dan 3) tercapainya ketercapaian keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi, seperti semua siswa mengajukan pertanyaan dengan menuliskannya pada kertas yang telah dibagikan dan sebagian besar siswa dapat mengangkat tangan untuk ikut serta menjawab pertanyaan demi pertanyaan
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis