Penelitian ini dilakukan karena belum terlaksananya komponen adiwiyata kurikulum berbasis lingkungan di SMA Negeri 1 Sungai Penuh sedangkan untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, sekolah harus melaksanakan 4 komponen adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dengan begitu peneliti perlu mengetahui bagaimana implementasi manajemen kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. guna untuk memperoleh data (berupa kata-kata, gambar atau perilaku), melainkan dengan memberikan paparan atau penggambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu kepala sekolah dan tim adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata di mulai dari berbagai fungsi manajemen yang di terapkan oleh kepala sekolah. Dalam implementasi program adiwiyata sekolah belum melaksanakan kurikulum berbasis lingkungan, kemudian faktor penghambat program adiwiyata yaitu sekolah kekurangan alat dan bahan untuk pengolahan sampah dan kurangnya kesadaran warga sekolah dalam menjaga lingkungan. Dan peneliti berharap penelitian selanjutnya dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas dan dapat mempengaruhi lancarnya kegiatan program adiwiyata.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI ADINDA.pdf4.07 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.