Deskripsi/Abstract
Kemampuan pemecahan merupakan salah satu hal yang penting dalam
kurikulum matematika. Penyelesaian masalah yang meliputi metode,prosedur dan
strategi yang merupakan proses inti dan utama dalam kurikulum matematika.
Kemampuan pemecahan masalah matematika diindonesia masih tergolong
rendah. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan
masalah adalah self efficacy dan self regulasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kemampuan self efficacy dan self regulation terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMAN 5 Kota Sungai
Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
ex-post facto. Populasi dan sampel dalam peneltian ini siswa kelas X IPA SMAN
5 Kota Sungai Penuh yang berjumlah 38 siswa dengan teknik pengambilan
sampel tatal sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
angket dan soal tes.Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian adalah bahwa dari hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa
variabel self efficacy berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika dengan nilai signifikansi 0.000 dan variabel self regulation
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai
signifikansi 0,000. Hasil penelitian uji simultan (uji f),menunjukkan bahwa self
efficacy dan self regulation berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan
v
masalah matematika dengan nilai signifikansi 0,000. Implikasi pada penelitian ini
memberikan masukan kepada guru untuk mendorong siswa untuk meningkatkan
self efficacy dan self regulation agar mampu memecahkan soal matematika.
Koleksi
Subject
Files
Skripsi nabila vronika pengesahan - Copy.pdf
Downloaded 2 times
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.