A COMPARATIVE STUDY ON THE EFFECT OF QUICK WRITE AND FLOWER WRITING STRATEGIES ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING PROCEDURE TEXT (A Study At The State Junior High School 24 Kerinci Academic Year 2022/2023)

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 10:01
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penggunaan strategi Quick Write terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur , pengaruh penggunaan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dan perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Quick Write dan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen komparatif dan Randomize Comparative experiment Design. Populasi penelitian ini adalah kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling yang diselescted menjadi kelas eksperimen pertama (menggunakan Quick Write Strategy) dan kelas eksperimen kedua (Using Flower Writing Strategy). Dari analisis data yang dianalisis dengan SPSS 25 menunjukkan setiap kalss eksperimen dengan hipotesis nol (H0) ditolak dan semua kelas eksperimen dengan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kemudian, hipotesis tentang apakah ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Tulis Cepat dan strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci dijawab dengan hasil perbandingan antara kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Ditemukan bahwa kelas eksperimen pertama > kelas eksperimen kedua (15,22 >13). Jadi, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, terungkap bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Tulis Cepat dan Strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Kemudian, diperoleh perbedaan antara kedua strategi tersebut, dimana strategi menulis bunga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur pada kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Flower Writing Strategy dalam mengajarkan menulis teks, khususnya dalam mengajar menulis Procedure Text. Kata Kunci : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penggunaan strategi Quick Write terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur , pengaruh penggunaan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dan perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Quick Write dan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen komparatif dan Randomize Comparative experiment Design. Populasi penelitian ini adalah kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling yang diselescted menjadi kelas eksperimen pertama (menggunakan Quick Write Strategy) dan kelas eksperimen kedua (Using Flower Writing Strategy). Dari analisis data yang dianalisis dengan SPSS 25 menunjukkan setiap kalss eksperimen dengan hipotesis nol (H0) ditolak dan semua kelas eksperimen dengan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kemudian, hipotesis tentang apakah ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Tulis Cepat dan strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci dijawab dengan hasil perbandingan antara kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Ditemukan bahwa kelas eksperimen pertama > kelas eksperimen kedua (15,22 >13). Jadi, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, terungkap bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Tulis Cepat dan Strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Kemudian, diperoleh perbedaan antara kedua strategi tersebut, dimana strategi menulis bunga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur pada kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Flower Writing Strategy dalam mengajarkan menulis teks, khususnya dalam mengajar menulis Procedure Text.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis