Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh
penggunaan strategi Quick Write terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks
prosedur , pengaruh penggunaan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa
dalam menulis teks prosedur dan perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan
strategi pembelajaran Quick Write dan strategi Flower Writing terhadap kemampuan
siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen
komparatif dan Randomize Comparative experiment Design. Populasi penelitian ini
adalah kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik random sampling yang diselescted menjadi kelas
eksperimen pertama (menggunakan Quick Write Strategy) dan kelas eksperimen kedua
(Using Flower Writing Strategy). Dari analisis data yang dianalisis dengan SPSS 25
menunjukkan setiap kalss eksperimen dengan hipotesis nol (H0) ditolak dan semua kelas
eksperimen dengan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kemudian, hipotesis tentang apakah
ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Tulis
Cepat dan strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada
siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci dijawab dengan hasil perbandingan antara
kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Ditemukan bahwa kelas
eksperimen pertama > kelas eksperimen kedua (15,22 >13). Jadi, hipotesis nol (H0)
ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, terungkap bahwa
terdapat pengaruh penggunaan strategi Tulis Cepat dan Strategi Tulis Bunga terhadap
kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24
Kerinci. Kemudian, diperoleh perbedaan antara kedua strategi tersebut, dimana strategi
menulis bunga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks
prosedur pada kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Oleh karena itu, peneliti
menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Flower Writing Strategy dalam
mengajarkan menulis teks, khususnya dalam mengajar menulis Procedure Text.
Kata Kunci : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh
penggunaan strategi Quick Write terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks
prosedur , pengaruh penggunaan strategi Flower Writing terhadap kemampuan siswa
dalam menulis teks prosedur dan perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan
strategi pembelajaran Quick Write dan strategi Flower Writing terhadap kemampuan
siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen
komparatif dan Randomize Comparative experiment Design. Populasi penelitian ini
adalah kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik random sampling yang diselescted menjadi kelas
eksperimen pertama (menggunakan Quick Write Strategy) dan kelas eksperimen kedua
(Using Flower Writing Strategy). Dari analisis data yang dianalisis dengan SPSS 25
menunjukkan setiap kalss eksperimen dengan hipotesis nol (H0) ditolak dan semua kelas
eksperimen dengan hipotesis alternatif (H1) diterima. Kemudian, hipotesis tentang apakah
ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Tulis
Cepat dan strategi Tulis Bunga terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur pada
siswa kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci dijawab dengan hasil perbandingan antara
kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua. Ditemukan bahwa kelas
eksperimen pertama > kelas eksperimen kedua (15,22 >13). Jadi, hipotesis nol (H0)
ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, terungkap bahwa
terdapat pengaruh penggunaan strategi Tulis Cepat dan Strategi Tulis Bunga terhadap
kemampuan siswa menulis teks prosedur pada siswa kelas sembilan SMP Negeri 24
Kerinci. Kemudian, diperoleh perbedaan antara kedua strategi tersebut, dimana strategi
menulis bunga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks
prosedur pada kelas sembilan SMP Negeri 24 Kerinci. Oleh karena itu, peneliti
menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Flower Writing Strategy dalam
mengajarkan menulis teks, khususnya dalam mengajar menulis Procedure Text.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.