PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII MTsN 4 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 02/02/2022 - 10:04
Deskripsi/Abstract

Proses pembelajran IPA di MTsN 4 Kerinci, Proses pembelajarannya selama ini hanya menggunakan Media Pembelajaran Konvensioral hanya menggunaka Buku Paket saja. Akibatnya siswa kesulitan dalam menyelesaikan tugas, menggunakan media pembelajaran itu-itu saja juga menimbulkan kebosanan dan menjadi tidak menarik bagi siswa karena merasa jenuh, proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep pada pembelajaran IPA adalah dengan menggunakan Media Pembelajaran Daring (Online) Berbasis WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media konvensional dikelas Kontrol dan hasil belajar dengan media pernbelajaran daring (Online) bertasis WhatsApp dikelas eksperimen pada pembelajran IPA" Dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dming (Online) berbasis WhatsApp terhadap hasil belajm pada pelajaran IPA kelas YIII MTsN 4 Kerinci pada materi sistem respirasi pada manusia Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Method dan desain penelitian ini adalah One Groap Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah selumh siswa kelas V[[I MTsN 4 Kerinci yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, maka penelifi mengambil 2 kelas dari 3 kelas yang ada yaitu kelas MIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas MIIB sebagai kelas konfiol. Dari perhitungan nilai rata-rata siswa pada kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 74,67 dmnilai rata-rata pada kelas kontnol adalah 64,67. Hal ini membuktikan bahwa nilai dikelas eksperimen mengalami kenaikan dengan menggunakan Media Pembelajaran Daring (Online) Berbasis Whatsapp yaitu dari 62,33 menjadi 74,67. Setelah dilakukan analisis data diperoleh tm-g : 2,17 > ttaur: 1,70 dengan simpangan balait 12,42. Hasil dari pohitungan tersebut membuktukan bahwa harga 166, > tn"66 sehingga Hr diterima dan t{o ditolak. Maka terdapat pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring (Online) Berbasis Watsapp Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTsN 4 Kerinci.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis