Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas siswa kelas VIII di MTsN 1 Sungai Penuh yang tidak menggunakan Aplikasi Whatsapp (WA). Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas siswa kelas VIII di MTsN 1 Sungai Penuh yang menggunakan Aplikasi Whatsapp (WA). Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp (WA) terhadap Hasil Belajar IPA di MTsN 1 Sungai Penuh Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Disebut demikian karena eksperimen jenis ini belum memenuhi persyaratan seperti cara eksperimen yang dapat dikatakan ilmiah mengikuti peraturan-peraturan tertentu. Dalam metode kuasi eksperimen, peneliti menggunakan desain control group pretest-posttest. Untuk mengetahui seberapa Penggunaan Aplikasi Whatsapp (WA) terhadap Hasil Belajar IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, maka metode dalam penelitian ini menggunakan quasi experiment. Hasil Penelitian: Hasil Pretesst pada materi Sistem Pencernaan pada manusia nilai tertinggi adalah 70 dan nilai terendah 40. Nilai rata-rata kelas Pretesst adalah 54. Hasil Posttest IPA pada materi Sistem Pencernaan pada manusia nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 60. Nilai rata-rata kelas Posttestadalah 75.Pengaruh Penggunaan Aplikasi Whatsapp (WA) terhadap Hasil Belajar IPA di MTsN 1 Sungai Penuh bahwa perhitungan thitung sebesar 5,76 nilai ini lebih besar dari ttabel 1,75 ini menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar kelas Posttest dan kelas Pretesst, karena thitung > ttabel maka H ditolak dan H diterima pada tingkat kepercayaan0 1 95%, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya menggunakan Aplikasi Whatsapp (WA) terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VIII khususnya materi sistem pernafasan pada manusia MTsN 1 Sungai Penuh.