Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya jam belajar pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Kurangnya variasi dalam
pembelajaran sehingga peserta didik dalam mengikuti pelajaran cenderung
bosan. Pembelajaran masih bersifat kovensional yang memberikan hasil
belajar peserta didik kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe DutaDuti Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP
Negeri 11 Sungai Penuh”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan kunci
dalam penelitian ini adalah Wali Kelas, Guru PAI, dan Siswa SMP Negeri 11
Sungai Penuh sebanyak 8 orang yang terkait dengan permasalahan penelitian
ini. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, data display dan
verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan
Teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi metode untuk menguji
keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian yang diteliti
oleh peneliti.
Hasil penelitian ini bahwa gambaran peserta didik yang kurang
berpastipasi dalam penerapan yaitu kurangnya motivasi dilihat dari sebagian
siswa kurang termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran. Strategi guru dalam penerapan Model Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Duta-Duti Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 11 Sungai Penuh meliputi:
Pembentukan kelompok yang heterogen untuk mempromosikan kolaborasi
antar siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam.
Memberikan panduan dan aturan yang jelas kepada siswa mengenai peran
dan tanggung jawab masing-masing anggota kelompok. Kendala peserta
didik 1). Kurangnya keterampilan sosial yang diperlukan untuk berinteraksi
dan bekerja sama dalam kelompok. 2). Perbedaan minat, kemampuan, dan
gaya belajar antar siswa yang dapat menghambat kerja sama dan kolaborasi
dalam kelompok. Solusi kendala peserta didik. 3). Memberikan pelatihan
khusus kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi,
bekerja sama, dan berkolaborasi dalam kelompok.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI PARON WATERRMAR.pdf
Downloaded 1 time
SKRIPSI PARON.pdf
Downloaded 1 time
lampiran skripsi .pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.