PENERAPAN LITERASI MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs NEGERI 1 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:20
Deskripsi/Abstract
Literasi membaca adalah pemahaman menggunakan bahasa tulis yang dimanfaatkan untuk berpartisipasi di sekolah dalam beragam konteks. Adapun tujuan penelitian adalah Mengetahui strategi penerapan literasi membaca dalam Meningkatkan pemahaman Pada pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci, Mengetahui upaya guru mengatasi hambatan penerapan literasi membaca dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci dan mengetahui Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan literasi membaca untuk meningkatkan pemahaman pada pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian Penerapan Literasi Membaca Untuk Meningkatkan pemahaman Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 1 Kerinci, Subjek Penelitian Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Jenis Data terdiri dari Sumber Data Primer dan Sumber Data Sekunder. Informan Penelitian Kepala Sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Tehnik pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara Dokumentasi Teknik Analisis Data dan Uji Keabsahan Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Penerapan Literasi Membaca Dalam Meningkatkan pemahaman siswa pada Pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci terdiri dari Perencanaan, dan Evaluasi Upaya Guru Mengatasi Hambatan Penerapan Literasi Membaca dalam Meningkatkan pemahaman Pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci. Terdiri dari Tahap Pembelajaran, Tahap Pembiasaan, Tahap Pengembangan. Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Menerapkan Literasi Membaca Untuk Meningkatkan pemahaman Pada Pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kerinci 1) guru memiliki Pemahaman menerapkan literasi membaca artinya guru menguasai srategi pembelajaran yang digunakan agar literasi membca 2) adanya peserta didik memiliki keaktifan dalam melaksanakan kegiatan literasi membaca cukup baik, 3) adanya sarana dan prasarana diberikan pihak sekolah untuk menerapkan literasi membaca. Faktor Penghambat terdiri dari 1) kurangnya jam kunjungan peserta didik ke perpustakaan 2) kurangnya motivasi peserta didik dalam melaksanakan literasi membaca 3) kurangya minat baca peserta didik melaksanakan literasi membaca
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis