Deskripsi/Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri (SMPN) 7 Sungai Penuh diketahui bahwa kecerdasan emosional siswa
masih sangat rendah. Hal ini terlihat pada saat kegiatan pembelajaran, masih
terdapat siswa yang tidak memperhatikan dan mendengar dengan baik
penjelasan materi pelajaran dari guru dan melakukan aktivitas yang tidak
menggambarkan kegiatan pembelajaran, seperti: menggangu teman dan
mengobrol masalah pribadi. Selain itu, siswa menggangap matematika sebagai
pelajaran yang sulit dan membosankan. Ketika guru memberikan soal yang sulit
siswa terlalu cepat putus asa untuk menyelesaikan soal tersebut. Dari hasil
wawancara dengan guru matematika diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan
pada semua kelas VIII adalah sebesar 60,20, dan ini berarti masih banyak siswa
yang nilai ulangannya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu
sebesar 65.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui kecerdasan
emosional siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7
Sungai Penuh, 2). untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII di Sekolah
Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Sungai Penuh, 3). untuk mengetahui
hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Sungai Penuh.
Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini tergolong penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Penuh yang berjumlah 81
orang. Teknik penarikan sampel adalah total sampling, dengan mengambil
seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel yang berjumlah 81 orang.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat HUBUNGAN
kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Sungai Penuh.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1)
kecerdasan emosional siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri
(SMPN) 7 Sungai Penuh dalam kategori “baik” yaitu pada frekuensi 32,1%
berada pada interval 87 – 93; 2) hasil belajar siswa kelas VIII di Sekolah
Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Sungai Penuh dalam kategori “cukup” yaitu
pada frekuensi 27,16% berada pada interval 68 – 73; 3) hubungan antara
kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Sungai Penuh sangat tinggi. Variabel
kecerdasan emosional memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika
siswa di SMP Negeri 7 Sungai Penuh tahun pelajaran 2016/2017 yaitu, sebesar
63,36.
Koleksi
Subject
Files
Untitled.pdf7.43 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.