Metode pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dengan mengintegrasikan berbagai konsep dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu. Strategi ini meliputi mengumpulkan, menyatukan informasi, dan mempresentasikan hasil penemuan berdasarkan hasil diskusi kelompok, misalnya peserta didik menyelidiki sendiri, menemukan permasalahan sendiri dan menyelesaikan masalah tersebut dibawah bimbingan fasilitator atau pendidik. Flip chart atau media papan balik merupakan lembaran-lembaran kertas yang membentuk album dan dalam penggunaanya dapat dibalik dan juga materinya disajikan secara bertahap. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran PBL (problem based learning) dengan menggunakan media flipchart terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yaitu sebanyak 122 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 60 siswa. Sampel ini diambil secara acak yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan uji t, diketahui N = 60 sampel, dan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 dengan tingkat signifikasi < 0,05, ternyata nilai signifikasi < 0,05 maka H_1 diterima, dan Ho di tolak. Kemudian diketahui t Hitung 52,339 selanjutnya dikonsultasikan dengan t Tabel dengan taraf signifikasi 0,05 dengan N-K = 58 maka t Tabel 1,67. Maka dapat diketahui t Hitung lebih besar dari t Tabel, t Hitung 52,339 > 1,67 maka H_1 diterima H_0 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode problem based learning dengan menggunakan media flip chart terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kerinci.