Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut peserta didik bukan hanya memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga memiliki keterampilan yang profesional. Penggunaan media pembelajaran secara daring menggunakan Wa Grup belum memperoleh hasil yang maksimal dan media yang digunakan masih kurang menarik dan belum inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul Interaktif Menggunakan Sigil Pada Materi Pola Bilangan dengan menggunakan e-modul dapat mempermudah proses pembelajaran dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efisien, efektif berdaya guna menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMPN 4 Kota Sungai Penuh. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara dan angket. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3, 53 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,85. Penilaian praktikalitas guru terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori praktis dengan nilai rata-rata sebesar 3,6 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 16 peserta didik kelas kelas VIII E memperoleh skor rata-rata yaitu 3,49 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00. Berdasarkan hasil dari angket yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan sigil pada materi pola bilangan praktis dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Sigil, Pola Bilangan
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.