Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berkembang dalam memahami materi dan memecahkan masalah.Sebagian para siswa ditemui masih memiliki kurangnya karakter tanggung jawab dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian expost facto korelasional. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Sungai Penuh yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII, yang berjumlah 10 orang dengan kriteria dalam menentukan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil uji korelasi diperoleh koefisien korelasi antara variabel kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dengan besarnya nilai koefisien korelasi signifikansi (Correlation Coefficient) 0,446. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang berarah positif antara kedua variabel tersebut, yang artinya jika kompetensi guru tinggi, maka pretasi belajar siswa akan tinggi, sebaliknya jika kompetensi guru rendah, maka prestasi belajar pada siswa juga akan rendah. Hal ini diperkuat dengan hasil uji signifikansi didapatkan p = 0,002 < 0,05 level of significant (α), artinya hipotesis diterima, bahwa terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Kriteria tingkat hubungan (koefisien korelasi) antar variabel bernilai 0,377 dengan korelasi kuat. Besarnya sumbangan efektif kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa sebesar 20% dan 80% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.