Deskripsi/Abstract
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan,
maka ditarik kesimpulan bahwa:
1. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia
interaktif menggunakan adobe flash dengan pendekatan saintifik memberikan
output berupa apk. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan
4 tahap yaitu a. Tahap analisis; b. Tahap perencanaan; c. Tahap
pengembangan; dan d. Tahap implementasi.
a. Tahap analisis dilakukan dengan menganalisis terhadap data-data
observasi lapangan, hasilnya sebagai berikut: 1) guru kurang
memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada
proses belajar mengajar khususnya pada matematika; 2) peserta didik
dalam proses pembelajaran cenderung bosan dan bersifat pasif saat
pembelajaran berlangsung; 3) guru hanya menggunakan sumber belajar
buku teks sebagai media pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan maka diperlukan
media pembelajaran yang bisa merangsang dan membangkitkan semangat
belajar peserta didik, serta media pembelajaran yang bisa digunakan baik
secara individu maupin kelompok. Diperlukan media pembelajaran yang
bisa menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik dengan menciptakan
soal soal interaktif.
b. Tahap perencanaan dilakukan setelah tahap analisis, analisis akan berguna
sebagai acuan dalam merencanakan bentuk dari pengembangan media
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tahap
perencanaan meliputi perumusan tujuan pembelajaran, indikator
pembelajaran, pembuatan flowchart, dan storyboard media pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash
dengan pendekatan saintifik pada materi lingkaran.
c. Tahap pengembangan dilakukan setelah tahap perencanaan. Tahap
pengembangan produk media pembelajaran mencakup dengan pembuatan
media pembelajaran, validasi ahli materi, dan ahli media.
d. Tahap implementasi dilakukan melalui dua tahap yaitu 1) uji coba
kelompok kecil, dan 2) uji coba kelompok besar.
2. penilaian media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif
berdasarkan ahli materi tahap 1 pada aspek pembelajaran memperoleh nilai
rata-rata 3,8 dengan kategori baik dan aspek isi memperoleh nilai rata-rata 3,8
dengan kategori baik. Selanjutnya penilaian ahli materi tahap 2 pada aspek
pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,7 dengan kategori baik dan aspek isi
memperoleh rata-rata 4 dengan kaategori baik. Media pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli media
tahap 1 pada aspek tampilan memperoleh rata-rata 3,7 dengan kategori baik dan
aspek pemrograman memperoleh rata-rata 3,6 dengan kategori baik.
Selanjutnya penilaian ahli media tahap 2 pada aspek tampilan memperoleh
rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik dan aspek pemograman memperoleh
rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik.
3. Penilaian media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif
berdasarkan penilaian siswa memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kategori
sangat baik.
4. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan ahli
materi mendapat skor rata-rata 3,8 dengan kategori baik dalam aspek
pembelajaran dan isi. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia
interaktif berdasarkan ahli media mendapatkan rata-rata 4,4 dengan kategori
sangat baik dalam aspek tampilan dan aspek pemograman. Selannjutnya
kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan
penilaian peserta didik mendapat skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka produk media pembelajaran
matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash dengan
pendeketan saintifik layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa
kelas VIII.
Files
skripsi gia pasira pdf.pdf2.79 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.