Deskripsi/Abstract
v
Imam. 2022. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar
Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. Skripsi. Jurusan Tadris
Biologi Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Kerinci. (I) Dr. Toni
Haryanto, M. Sc, (II) Lia Angela, S. Si, S.Pd, M.Pd.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Adakah pengaruh kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. 2.) Adakah
pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri
5 Kerinci. 3.) Adakah hubungan pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar
terhadap hasil belajar biologi siwa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian
Korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Total Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket,
dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,
uji linieritas, regresi linier berganda, uji t, uji Koefisien Korelasi Ganda (r) dan Uji
Koefisien Determinasi (R2 ).
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa
1)Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI
IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana t hitung (2,422) > t
tabel (2,024) 2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa
kelas XI IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana t hitung
gaya belajar visual (2,302) > t tabel (2,024), gaya belajar audiotori (3,417) > t tabel
(2,024), gaya belajar kinestetik (3,01) > t tabel (2,024) 3) Terdapat hubungan
pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
XI IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana sig F change
0,00 < 0,05 dan nilai R= 0,958 dengan ini hubungan/korelasi pengaruh kebiasaan
belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 5
Kerinci Sangat tinggi serta nilai adjusted R Squeare (koefisien determinasi) sebesar
0,908 yang menunjukkan besar kontribusi/sumbangan pengaruh kebiasaan belajar dan
gaya belajar terhadap hasil belajar bologi sebesar 90,8% sedangkan sisanya 9,2%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.