PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:03
Deskripsi/Abstract
v Imam. 2022. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. Skripsi. Jurusan Tadris Biologi Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Kerinci. (I) Dr. Toni Haryanto, M. Sc, (II) Lia Angela, S. Si, S.Pd, M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. 2.) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. 3.) Adakah hubungan pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siwa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kerinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, regresi linier berganda, uji t, uji Koefisien Korelasi Ganda (r) dan Uji Koefisien Determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana t hitung (2,422) > t tabel (2,024) 2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana t hitung gaya belajar visual (2,302) > t tabel (2,024), gaya belajar audiotori (3,417) > t tabel (2,024), gaya belajar kinestetik (3,01) > t tabel (2,024) 3) Terdapat hubungan pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 5 Kerinci. Hal ini telah teruji kebenarannya dimana sig F change 0,00 < 0,05 dan nilai R= 0,958 dengan ini hubungan/korelasi pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA N 5 Kerinci Sangat tinggi serta nilai adjusted R Squeare (koefisien determinasi) sebesar 0,908 yang menunjukkan besar kontribusi/sumbangan pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar bologi sebesar 90,8% sedangkan sisanya 9,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis