Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa yang kurang
memiliki akhlak yang baik yang berdampak pada kurangnya adab dan perilaku
siswa disekolah, seperti sikap, perilaku, sopan santun yang terlihat kurang baik
pada siswa dilingkungan madrasah. Oleh karena itu, dalam mengatasi hal tersebut
perlu adanya tindakan pendidik dalam mengarahkan dan memberi pendidikan
akhlak yang baik kepada siswa dimadrasah dengan menerapkan ( implementasi )
cara dan metode yang baik dan benar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja implementasi
pendidikan akhlak yang diterapkan di MTsS Pulau Sangkar sesuai perspektif
hadist nabawi ; (2) Bagaimana penerapan implementasi pendidikan akhlak di MTs
Pulau Sangkar dalam Perspektif Hadist Nabawi ; (3) Bagaimana hasil penerapan
implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif hadist nabawi di MTs Pulau
Sangkar ;. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apa
saja implementasi pendidikan akhlak yang diterapkan di MTs Pulau Sangkar
sesuai dengan Perspektif Hadis Nabawi ; (2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk
penerapan implementasi pendidikan akhlak pada siswa di MTs Pulau Sangkar
sesuai dengan perspektif hadist nabawi; (3) Untuk mengetahui sejauh mana hasil
penerapan implementasi pendidikan akhlak berdasarkan perspektif hadits nabawi
di MTs Pulau Sangkar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian
ini yaitu Library Research ( penelitian lapangan ). Dan penelitian menggunakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penyusunan ini
adalah data primer (hasil wawancara) dan data sekunder (buku-buku). Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data menggunakan reduksi data, peyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil peneletian ini mendapatkan hasil bahwa implementasi
pendidikan akhlak dalam perspektif hadist nabawi terdapat beberapa diantaranya :
1). Keteladanan 2). Pembiasaan 3. Bimbingan nasihat 4). Metode cerita 5).
Muhasabah diri 6). Dialog Tanya jawab. Metode-metode tersebut sudah
diterapkan oleh guru-guru dimadrasah ini, dengan hasil yang sangat baik
dimanana terlihat akhlak siswa yang semakin bagus, bertutur kata yang sopan,
tertib dalam pembelajaran, selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh guru,
dalam kegiatan keagamaan pun siswa terlihat sangat antusias mengikutinya
seperti sholat duha, kultum, yasinan, ceramah, hafalan alqur‟an,, disimpulkan
bahwa impleentasi atau penerapan metode atau cara dalam mendidik muris di
madrasah ini nampak telah berhasil menciptakan siswa yang berakhlak mulia
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.