Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami report teks dengan menggunakan metode ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE). Metode ini bisa digunakan sebagai metode dalam belajar yang dikembangkan oleh Jeremy Harmer (1998). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) dalam kemampuan membaca siswa dalam belajar bahasa inggris dikelas IX MAN 1 Sungai Penuh. Penelitian ini dikategorikan sebagai metode collaboration classroom action research (CCAR) di mana peneliti dan guru kolaboratif bekerja sama dalam melakukan penelitian. Peneliti bertindak sebagai guru pelaksanaan metode ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) sementara guru bahasa Inggris yang mengamati. Kajian ini dikumpulkan melalui instrumen berikut; Catatan lapangan, daftar pengamatan, dan tes. Hal ini diawali melalui catatan lapangan dan daftar pengamatan kelas XI KAG 2 MAN 1 Sungai penuh; dianggap sebagai kelas yang tes khususnya dalam tes membaca yang rendah. Jumlah siswa di kelas adalah 36. Semua siswa diambil sebagai subyek penelitian. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa untuk memahami teks report. Hal ini dapat dilihat dengan mean Skor siklus I adalah 73,8. Kemudian mean skor siklus II adalah 82,08. Kemudian mean skor siklus III adalah 90. Ini menunjukkan prestasi terbaik, karena mereka telah meningkatkan Skor. Mereka membuktikan perbaikan yang baik untuk setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami teks report dengan menggunakan metode ESA (ENGAGE, STUDY, ACTIVATE) ditingkatkan.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI JULIANTI.pdf5.41 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.