Kemampuan Algebraic Thinking siswa dalam mata pelajaran matematika masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap bentuk soal cerita yang menyebabkan siswa kurang terlatih dalam menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, dan penyebab lainnya yaitu penggunaan model atau pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Dari permasalah tersebut maka salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan algebraic thinking siswa adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan yang segnifikan kemampuan algebraic thinking siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat peningkatan yang segnifikan kemampuan algebraic thinking siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)”. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII MTsN 6 Kerinci tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 6 Kerinci sebanyak 77 orang siswa. untuk sampe penelitian ini adalah dua kelas, sampel diperoleh dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan selanjutnya dengan melakukan uji-t. Rata-rata N – gain pada kelas eksperimen adalah 0,55 sedangkan kelas kontrol adalah 0,26. Dari analisis statistik yang dilakukan nilai thitung > ttabel yaitu 11,76 > 1,734 artinya berdasarkan kriteria uji-t disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang segnifikan kemampuan algebraic thinking siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL).