Deskripsi/Abstract
Kurangnya inovasi bahan ajar membuat guru dan peserta didik mengalami
kendala pada materi bangun ruang. Ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan tidak
menyajikan bangun ruang dalam bentuk tiga dimensi, sehingga peserta didik dengan
kemampuan spasial rendah akan kesulitan memahami. Penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development,
implementation, evaluation. LKPD divalidasi oleh pakar dan diujicobakan secara
terbatas pada peserta didik SMP kelas VIII. Instrumen validitas menggunakan lembar
validasi, instrumen praktikalitas menggunakan angket respon guru dan angket respon
peserta didik dan instrumen efektivitas menggunakan soal tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan LKPD berbasis website yang dihasilkan memenuhi kriteria
kualitas produk yang valid, praktis dan efektif. Rata-rata indeks validitas pada semua
aspek adalah 0,89 dengan kategori valid. Rata-rata angket respon guru dan angket
respon peserta didik masing-masing 88% dan 86% dengan kategori sangat praktis.
Selain itu, rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik 83% dengan kategori efektif.
LKPD berbasis website dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar pada materi
bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs dan bagi peneliti selanjutnya disarankan
untuk melakukan pengembangan pada materi lain
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.