Berdasarkan hasil observasi penulis, siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh keaktifan belajar siswa masih belum sepenuhnya baik dimana siswa lebih banyak menerima saja pelajarannya dari pada belajar dengan interaksi yang aktif antara guru dan siswa, hal ini tentunya mempengaruhi keberhasilan belajar siswa nantinya, untuk itulah dalam proses pembelajaran diperlukan metode yang benar-benar bisa menekankan keaktifan, semangat dan keberhasilan belajar siswa, sehingga siswa benar-benar belajar dengan baik dan berhasil dan salah satu cara belajar tersebut adalah dengan PAIKEM. Tujuan dalam penelitia ini, pertama penerapan pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh, kedua keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran PAIKEM di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh, dan ketiga kendala dan cara mengatasi kendala Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran PAIKEM di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh. Kesimpulannya pertama penerapan PAIKEM pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh sudah diterapkan, salah satu diantaranya adalah pembelajaran PAIKEM dengan strategi jigsaw, kedua keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan PAIKEM di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh yang dicapai jauh lebih baik dimana dengan PAIKEM ini siswa merasa senang dan aktif dalam belajar dan hasil belajarpun menjadi lebih baik, dan ketiga kendala Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan PAIKEM di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh adalah Guru yang enggan dalam menerapkan PAIKEM dan kesiapan siswa dalam menerima PAIKEM dan solusi dari Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan PAIKEM di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Sungai Penuh adalah mengoptimalkan penerpan pembelajaran PAIKEM, memperhatikan kesiapan siswa.