Deskripsi/Abstract
Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong
atau memberikan semangat kepada seseorang untuk melakukan kegiatan belajar.
Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa
senang dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa
sangat menentukan tingkat keberhasilan atau gagalnya perbuatan belajar
siswatersebut. Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah
melalui kegiatan belajar. Apa yang dicapai tersebut bisa berupa kemampuankemampuan, baik yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap, maupun
keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman
belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah faktor apa yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang dimaksud untuk
memahami fenomena apa yang diamati oleh peneliti. Teknik pengumpulan data
yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan kepada guru akidah akhlak dan siswa kelas VIII A MTsN 4 Kerinci
terkait dengan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Observasi dan
dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Dari hasil penelitian, ternyata tidak semua siswa memiliki motivasi untuk
mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Ada banyak hal yang bisa
mempengaruhi motivasi belajar siswa, diantaranya adalah faktor internal yaitu
aspek psikologis. Aspek psikologis yaitu intelegensi, sikap, minat atau bakat tidak
dimiliki oleh semua siswa, maka siswa yang memiliki kelemahan tersebut tentu
tidak termotivasi untuk mengikuti proses belajar mengajar. Siswa yang memiliki
intelegensi yang lemah tidak akan termotivasi untuk belajar, karena siswa tesebut
merasa tidak bisa meraih hasil belajar yang baik. Begitupun dengan iswa yang
tidak memiliki bakat dan juga minat dalam mata pelajaran, mereka tidak akan
termotivasi dan tidak memiliki rasa senang dalam belajar. Upaya guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu upaya dari guru itu sendiri, seorang
guru juga harus belajar dalam mendidik siswa, memberi nasehat atau pengarahan,
memberi motivasi serta menggunakan metode yang baik agar siswa kembali
termotivasi untuk mengikuti proses belajar mengajar.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI UTUH WORD.pdf880.45 KB
CamScanner 12-28-2022 08.00.pdf365.5 KB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.