ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII A MTsN 4 KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 11:08
Deskripsi/Abstract
Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa sangat menentukan tingkat keberhasilan atau gagalnya perbuatan belajar siswatersebut. Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Apa yang dicapai tersebut bisa berupa kemampuankemampuan, baik yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah faktor apa yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yakni penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena apa yang diamati oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru akidah akhlak dan siswa kelas VIII A MTsN 4 Kerinci terkait dengan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian, ternyata tidak semua siswa memiliki motivasi untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa, diantaranya adalah faktor internal yaitu aspek psikologis. Aspek psikologis yaitu intelegensi, sikap, minat atau bakat tidak dimiliki oleh semua siswa, maka siswa yang memiliki kelemahan tersebut tentu tidak termotivasi untuk mengikuti proses belajar mengajar. Siswa yang memiliki intelegensi yang lemah tidak akan termotivasi untuk belajar, karena siswa tesebut merasa tidak bisa meraih hasil belajar yang baik. Begitupun dengan iswa yang tidak memiliki bakat dan juga minat dalam mata pelajaran, mereka tidak akan termotivasi dan tidak memiliki rasa senang dalam belajar. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu upaya dari guru itu sendiri, seorang guru juga harus belajar dalam mendidik siswa, memberi nasehat atau pengarahan, memberi motivasi serta menggunakan metode yang baik agar siswa kembali termotivasi untuk mengikuti proses belajar mengajar.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis