IDENTITAS AKHLAK GENERASI MILLENIAL DAN POST-MILLENIAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (STUDI FENOMENOLOGI DI RT 01 DESA HIANG SAKTI)

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 10:05
Deskripsi/Abstract
Penyalahgunaan teknologi perlu penanganan secara khusus.Pendidikan yang bersumber dari agama akan lebih memberikan makna dan kesesuain yang menyeluruh dalam memberikan pola karakter terhadap generasi millenial dan post-millenial. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan informan penelitian yakni Generasi Millenial, dan generasi Post-Millenial yang berasal dari desa Hiang Sakti. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas para Millenial dan PostMillenial sudah memahami bagaimana konsep akhlak sehingga hal ini dapat membuktikan bahwa pendidikan agama islam sudah dapat diterima dengan baik. Para Millenial dan Post-Millenial di RT 01 Desa Hiang Sakti sudah memiliki akhlak yang cukup baik. Namun masih ada sebagian kecil dar mereka yang kecanduan terhadap teknologi gadget, internet ataupun game online sehingga tidak jarang mereka melalaikan ibadah dikarenakan sibuk dengan urusan gadget nya. Oleh karena itu, pendidikan islam dapat memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk identitias akhlak generasi millenial dan post-millenial yang baik. Melalui upaya-upaya yang dilakukan seperti pembiasaan nilai-nilai agama dan moral sejak usia dini, memanfaatkan teknologi sebagai alat pendidikan, pendidkan islam mampu membantu membentuk generasi Millenial dan Post-Millenial untuk memiliki akhlak yang baik dan sesuai dengan ajaran islam
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis