Deskripsi/Abstract
MTs Negeri 2 Kerinci diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran,
guru hanya menjelaskan materi dan latihan soal saat pembelajaran saja tanpa
latihan atau tugas yang lebih lanjut. Sehingga siswa mudah lupa terhadap
pelajaran yang telah dipelajarinya. Berdasarkan hasil observasi, prestasi
belajar IPA siswa di MTs Negeri 2 Kerinci masih rendah. Hal ini ditandai
dengan lemahnya aspek menyimak siswa terutama pada pokok bahasan yang
tidak dimengerti. Kelemahan ini terjadi kerena siswa belum belajar sesuai
dengan gaya belajarnya dan guru ketika mengajar belum menyesuaikan
keanekaregaman gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian kuantitatif Populasi
penelitian ini adalah 113 Sampel adalah kelas 8a dan 8b yang berjumlah 60
orang siswa.Variabel Penelitian Variabel Bebas (Independet) Variabel Terikat
(Dependen), Teknik Pengumpulan Data menggunakan Angket dan
Dokumentasi, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa besarnya persentase
gaya belajar Visual adalah 26,67%, gaya belajar Audio persentasenya sebesar
58,33%, dan gaya belajar Kinesthetic persentasenya sebesar 15% sehingga
dapat disimpulkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa kelas VIII MTsN
2 Kerinci Tahun pelajajaran 2020/2021 adalah gaya belajar Audio.prestasi
belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kerinci tahun pelajaran 2020/2021 yang
diambil dari nilai raport semester 2 pada matapelajaran IPA menunjukkan
bahwa 60 siswa atau sudah 100% prestasi belajarnya tergolong ke dalam
kriteria yang baik dengan nilai rata-rata berada pada rentang 70-84. Dan
hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar
siswa kelas VIII MTsN 2 Kerinci Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai p gaya belajar terhadap prestasi belajar adalah 0,000
maka hipotesis penelitian ini diterima. Keeratan hubungan antara gaya belajar
dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Kerinci Tahun Ajaran
2020/2021 sebesar 22,5%.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.