Biologi

Proses Biologi Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Khasanah Islam

Submitted by admin on Mon, 03/01/2021 - 14:12

Biological knowledge holding a very important role in following the times. The concept itself is to discuss about development of science processes and natural events of the standpoint of science as well as contained in the Quran. Phenomenally science can be seen as a product, the process and paradigm of ethics (attitudes and value) in the processes that require a proof, so that will be verified in accordance with the concept, law and supported theories.

Kesesuaian Content Representation dengan Simulasi Mengajar Calon Guru Biologi dan dikaitkan dengan Pengetahuan Konten dan Pedagogy pada Konsep Ekologi

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 13:47

Simulasi mengajar merupakan suatu cara bagi seorang calon guru dalam merepresentasikan pengetahuan konten (CK) dan pengetahuan pedagogi (PK) yang dimilikinya ke dalam situasi mengajar yang dibuat mirip dengan keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian CoRe dengan  simulasi mengajar dan dikaitkan dengan pengetahuan konten dan pedagogy yang dimiliki oleh calon guru biologi.

Diversitas Tumbuhan Yang Dimanfaatkan Sebagai Obat Tradisional Oleh Masyarakat Desa Koto Dua Lama

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:39

Kembali ke alam “Back to Nature”, sedang popular di dunia kesehatan. Menurut Winarto (2003), Back to Naturedibidang obat-obatan berarti kembali ke tanaman obat-obatan alami kususnya obat-obatan yang berasal dari tumbuhan. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya orang yang beralih pada tanamn obat sebagai alternatif menyembuhkan penyakit yang mereka derita. Riasa (2003) dan Winarto (2003) menyatakan bahwa melambungnya popularitas obat tradisional lantaran ketidak sempurnaan obat modern. Obat modern sifatnya temporer sehingga ketergantungan pasien terhadap obat relatif tinggi.

Penulis
Koleksi

Senyawa Kimia Bahan Alam Terpenoid

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:20

Sejak lama bangsa Indonesia sudah mengenal obat-obatan tradisional yang digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Pada umumnya obat-obatan tersebut dibuat dari sumberbahan alam hayati seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Penggunaan tumbuhan tertentu sebagai obat merupakan warisan yang sudah turun temurun (Suyani, 1991, hal 47). Penggunaan tumbuh-tumbuhan sebagai obat tradisional berkaitan dengan kandungan  kimia  yang  terdapat  di dalamnya. Senyawa kimia tersebut merupakan hasil metabolisme dari tumbuhan itu sendiri.

Penulis
Koleksi