Biologi

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (5M) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI MIA SMA NEGERI 7 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 10:20
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penilaian guru mata pelajaran terhadap media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Modul berbasis Pendekatan Saintifik (5M), yang dikembangkan di SMA Negeri 7 Kerinci. Perancangan dan pembuatan bahan ajar E-Modul ini menggunakan pendekatan dan pengembangan Research and Development (R&D).
Koleksi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MTSN 2 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 10:15
Penelitian ini berjudul,”Pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi 3 dimensi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII MTS Negeri 2 Sungai Penuh” Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Perbandingan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTS Negeri 2 sungai penuh dengan menggunakan media pembelajaran animasi 3 dimensi dan tanpa menggunakan media pembelajaran animasi 3 dimensi. Penelitian ini dilakukan di MTSN 2 Sungai Penuh dengan jumlah Populasi Sebanyak 31 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 16 siswa.
Koleksi

ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 09:57
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui Keterampilan Bertanya Siswa terhadap Pembelajaran Biologi secara pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat. Untuk mengetahui Keterampilan Bertanya Siswa terhadap Pembelajaran Biologi secara pemberian acuan.
Koleksi

POTENSI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMK-SPP NEGERI 3 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:42
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi, potensi lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, faktor pendukung dan penghambat lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SMKSPP Negeri 3 Kerinci. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penulis
Koleksi

ANALISIS KREATIVITAS GURU IPA DALAM MENYUSUN SOAL RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI MASA KERJA DI SMP NEGERI 13 KERINCI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:29
Pada masa sekarang diperlukan guru yang professional, Guru yang profesional mengedepankan mutu dan akan menghasikan lulusan yang bermutu pula. Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui kreativitas guru IPA dalam menyusun soal khususnya pada mata pelajaran IPA serta tingkat ranah kognitif soal yang disusun guru guru IPA yang ditinjau dari pengalaman kerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah dua orang guru IPA di SMP Negeri 13 Kerinci. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik dokumentasi, Kuesioner dan angket.
Penulis
Koleksi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:26
Sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah dikarenakan materinya yang banyak dan membutuhkan pemahaman dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain menggunakan Control Group Post Test – Only Design.
Penulis
Koleksi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:23
Berdasarkan hasil obervasi di SMA Negeri 5 Sungai Penuh, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kendala yang membuat proses pembelajaran kurang efektif, diantaranya yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana sehingga guru banyak yang masih belum menerapkan media motivatif pada pembelajaran Biologi.
Koleksi

KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA/MA SEKOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 04/23/2024 - 12:40
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan guru mata pelajaran Biologi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA/MA Sekota Sungai Penuh. Fokus penelitian adalah pada empat komponen kesiapan guru, yaitu strategi belajar, kemampuan mengajar, kebijakan, serta waktu dan finansial. Metode analisis data menggunakan nilai rata-rata skor dan persentase, serta uji validitas isi dan reliabilitas instrumen penelitian.
Penulis
Koleksi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMANFAATAN BARANG-BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI MA KOTO RENDAH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:28
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan pemanfaatan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI MA Koto Rendah. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Koto Rendah.
Koleksi

PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 6 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:26
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardenganm enggunakanpendekatanlingkungansekitardiSMANegeri6Kerinci. DalampenelitianinimenggunakanjenispenelitianjenispenelitianiniadalahQ uasiExperimenmetodekuantitatif.PenelitianinidilakukandiSMANegeri6Kerinci.Sa mpeldalampenelitianiniadalahkelasXSMANegeri6Kerincisebanyak43orang Berdasarkanhasildanpembahasanpenelitiandapatdiperolehkesimpulanbah wa:(1)hasilbelajarsiswakelasXIPA1SMANegeri6Kerincipadamateripencemaranli ngkunganmemperolehnilaiminimum77,84,nilaimaximum94,52,dannilairatarata(mean)86,43.(2)hasilbelajarsiswakelasXIPA3SMANegeri
Penulis
Koleksi