Deskripsi/Abstract
Penyebab kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siwa di
Madrasah Aliyah Swasta Bhakti Kerapatan Jujun antara lain adalah
kurangnya minat siswa dalam pelajran matematika, kemampuan
pemahaman konsep masih rendah, proses pembelajaran masih bergantung
pada guru, kebanyakan peserta didik hanya menghafal konsep itu sendiri
tapi kurang mampu mengaplikasikannya dalam menyelsaikan permasalahan
di kehidupan nyata dengan menggunakan konsep yang telah ia pelajari,dan
jugapeserta didik tidak mampu menentukan permasalahan apa yang harus di
selesaikan dan memberi solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut, dan
lebih buruknya lagi peserta didik tidak bisa memaknai matematika dalam
bentuk yang nyata.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui
bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project
(MMP) dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik pada materi barisan dan deret. (2) bagaimana peningkatan
kemampuan pemahaman konsep didik dalam menggunakan model
pembelajaran MMP. (3) Pembelajaran yang menggunakan model
pembelajaran Missouri Mthematics Project lebih baik dari yang tidak
menggunakan model pembelajaran Missouri Mthematics Project.Jenis
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperiment. Dalam penelitian ini menjadi populasi adalah seluruh kelas X
Madrasah Aliyah Swasta Bhakti Kerapatan Jujun yang terdiri dari 2 kelas.
Dari populasi tersebut terpilihlah 2 kelas untuk kelas eksperimen dan
kelas untuk kelas kontrol.Rata-rata kemampuan Pemahaman konsep
matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran masih rendah,
setelah menggunakan model pembelajaran rata-rata kemampuan
pemahaman konsep matematis yang menggunakan model pembelajaran
Missouri Mathematics Project adalah 273 dengan rata rata 17,06.
Pengolahan data dilakukan dengan uji-t dan N-Gain. Setelah dianalisis
diperoleh = 2,85551 dan = 2,04 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat
kebebasan (dk) n-1, sedangkan nilai N-Gain= 0,66. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah : dan : , Karena (2,85551 > 2,04) maka diterima han
ditolak. Artinya bahwa Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project
lebih baik dari pada yang tidak menggunakan model Pembelajaran Missouri
Mathematics Project di kelas X MAS Bhakti Kerapatan. Karena rata-rata
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat setelah
menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project
Koleksi
Subject
Files
MIA AUDINA.pdf9.13 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.