PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 10:18
Deskripsi/Abstract
Penyebab kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siwa di Madrasah Aliyah Swasta Bhakti Kerapatan Jujun antara lain adalah kurangnya minat siswa dalam pelajran matematika, kemampuan pemahaman konsep masih rendah, proses pembelajaran masih bergantung pada guru, kebanyakan peserta didik hanya menghafal konsep itu sendiri tapi kurang mampu mengaplikasikannya dalam menyelsaikan permasalahan di kehidupan nyata dengan menggunakan konsep yang telah ia pelajari,dan jugapeserta didik tidak mampu menentukan permasalahan apa yang harus di selesaikan dan memberi solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut, dan lebih buruknya lagi peserta didik tidak bisa memaknai matematika dalam bentuk yang nyata. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi barisan dan deret. (2) bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep didik dalam menggunakan model pembelajaran MMP. (3) Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mthematics Project lebih baik dari yang tidak menggunakan model pembelajaran Missouri Mthematics Project.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Dalam penelitian ini menjadi populasi adalah seluruh kelas X Madrasah Aliyah Swasta Bhakti Kerapatan Jujun yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut terpilihlah 2 kelas untuk kelas eksperimen dan kelas untuk kelas kontrol.Rata-rata kemampuan Pemahaman konsep matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran masih rendah, setelah menggunakan model pembelajaran rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project adalah 273 dengan rata rata 17,06. Pengolahan data dilakukan dengan uji-t dan N-Gain. Setelah dianalisis diperoleh = 2,85551 dan = 2,04 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) n-1, sedangkan nilai N-Gain= 0,66. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : dan : , Karena (2,85551 > 2,04) maka diterima han ditolak. Artinya bahwa Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dari pada yang tidak menggunakan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project di kelas X MAS Bhakti Kerapatan. Karena rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis