Pendidikan

Peran Pesantren sebagai Salah Satu Lembaga Pendidikan Islam

Submitted by admin on Mon, 05/31/2021 - 09:42

Salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah lama berkembang dan berakar kuat tradisinya  adalah pesantren. Namun, nama pesantren sempat tercoreng namanya dengan dikaitkan sebagai asal muasal paham radikalisme di Indonesia, yang masih berupa isu semata. Oleh karenanya, menarik untuk diteliti dan diketahui mengenai berbagai sepak terjang pesantren di Indonesia dengan tradisi keislamannya serta kontribusi lainnya diranah pembentukan moral Islam, serta dalam ranah social serta ekonomi dalam ranah umumnya.

Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:16

Pendidikan Islam adalah hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup umat Islam secara khusus, karena lewat pendidikan Islam inilah kita nengkaji, mengelola dan mengembangkan studi keislaman sesuai dengan keadaan zaman. Perubahan zaman, meniscayakan adanya perubahan interaksi antar umat manusia,khususnya umat Islam dan ajarannya, sehingga dibutuhkan penafsiran lebih lanjut dalam ajarannya, berkaitan pula dengan pemikiran pendidikan Islam.

Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:15

Dalam dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan ek`sistensi guru itu sendiri. Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses sebab-akibat.

Pembinaan Moral dan Spiritual pada Warga Binaan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru)

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:06

This study discusses the process of moral and spiritual formation of prisoners in the Pekanbaru Class IIA Correctional Institution. The purpose of the study was to find out and analyze the form of implementation of moral and spiritual formation in Pekanbaru Class IIA Correctional Institution. This research uses descriptive method with a qualitative approach. The technique of collecting data is through interviews, documentation and observations of officials, prison officials, dai and pastors and assisted citizens.

Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:01

E-Learning is one of the breakthroughs in education that requires information technology. Various online learning models began to be developed. For example blended learning, distance learning (distance learning) and flipped learning. Online learning is basically trying to innovate and change the paradigm in learning. One model of online learning that is currently quite a lot of learning in educational research is reverse learning. Reverse classes are learning held in class with online learning.

Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 12:24

Islamic Education teachers' social competence is still questionable and has not been done optimally and needs to be improved. The aims of this research are to find out how the role of social competence of the Islamic Education teachers' of Kemantan State Islamic School should be owned. Data and information are obtained from primary and secondary data from observations and interviews with Islamic Education teachers, as well as literature related to the focus of the study. The results of the study show that communication with Madrasah heads is generally good, but has not been done routinely.

Penulis
Koleksi

Studi Implementasi Pendidikan Islam Moderat Dalam Mencegah Ancaman Radikalisme di Kota Sungai Penuh Jambi

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 11:15

Ancaman radikal sekarang ini sangat marak terjadi di tengah masyarakat Indonesia, yang dilakukan kelompok radikalisme, fundamentalisme, ekstrimis dan lainnya. Tindakan radikalisme disamping menimbulkan keresahan, juga dapat menimbulkan  konflik secara luas, bahkan  menimbulkan rangkaian aksi teror, peledakan bom di beberapa daerah. Perlakuan kekerasan seperti ini harus dicegah sedini mungkin. Salah satu upaya dalam mencegah aksi-aksi tersebut, Kota Sungai Penuh mencari alternatif solusi, dengan mengimplementasikan pendidikan Islam moderat.

Penulis
Koleksi

Pembaharuan Pendidikan Pesantren

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 11:07

Prinsip dan pembaharuan pesantren adalah al muhafazhoh ‘ala al qadim al shalih wa al akhzu bi al jadid al ashlah adalah selalu memegang tradisi yang baik dan mengimbangi dengan menerapkan hal hal baru yang positif dan baik. Masalah yang berpautan dengan civic values senantiasa mampu di benahi dengan cara konsistensi yang di anut dalam pesantren selama ini dan pastinya dengan pergantian yang baik, berdaya serta mampu menyajikan keadilan sebagai umat islam.

Panduan Guru Dalam Penggunaan Gambar Dan Kartu Kata Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:57

Media pembelajaran merupakan bagian integral dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan dipakainya media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar maka diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Untuk itu penerapan suatu jenis media harus memenuhi ketetapan memilih dan menggunakan media harus disesuaikan dengan sifat mata pelajaran yang diberikan dan karakteristik siswa. Media pembelajaran juga sangat membantu dalam upaya mencapai keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Konstruktivistik

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:55

The aims of this study is to improve the learning outcomes of economics, especially the results of learning about employment, develop economic learning activities in accordance with the desired curriculum 2013, and is an effort to innovate in learning according to the needs of the school, especially in improving the quality of learning outcomes.

Penulis
Koleksi