FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 7 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 06/13/2024 - 14:55
Deskripsi/Abstract

Slot Gacor https://ojs.uscnd.ac.id/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://aplikasi.ppdu.ponpes.id/pon/ https://cyberlibrary.unsia.ac.id/top_1.php?senilib=Slot%20Gacor https://jurnal.unsia.ac.id/cyberspace.php?gandakan=Slot%20Gacor https://ezzhouse.com/ide_ide.php?esrealtate=Slot%20Gacor https://taqh.org/gasolina.php?karangcubes=Slot%20Gacor https://primesmm.com/boost.php?sapalmm=Slot%20Gacor https://aplikasi.ppdu.ponpes.id/pon/?ponponpon=Slot%20Gacor GB777 GB777 GB777

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Faktor penyebab rendah minat siswa memanfaatkan layanan konseling untuk menyelesaikan masalah akademik. (2) Faktor pendukung dan penghambat siswa rendah memanfaatkan layanan konseling untuk menyelesaikan masalah akademik di SMP Negeri 7 Kerinci. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa, dan kepala sekolah SMP Negeri 7 Kerinci. Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keakuratan data diuji dengan menggunakan traiangulasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Faktor penyebab rendah minat siswa memanfaatkan layanan konseling untuk menyelesaikan masalah akademik yaitu persepsi siswa terhadap guru sebagai polisi sekolah, motivasi dari guru BK masih rendah, kurangnya motivasi dari kepala sekolah, rendahnya kesadaran dari siswa melakukan konseling, siswa menganggap layanan konseling tidak penting. (2) Faktor pendukung dan penghambat siswa rendah memanfaatkan layanan konseling untuk menyelesaikan masalah akademik di SMP Negeri 7 Kerinci diantaranya faktor pendukung disebabkan oleh faktor internal siswa yaitu rasa takut terhadap guru BK dan siswa merasa tidak membutuhkan layanan konseling. Faktor eksternal disebabkan oleh faktor dari guru, faktor dari teman sejawat, dan faktor dari lingkungan. Selanjutnya faktor penghambat adalah disebabkan oleh faktor kemauan dan kesadaran dari siswa itu sendiri dan faktor dari program guru BK memberi konseling siswa sebanyak 24 orang dalam 1 bulan.

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis