Deskripsi/Abstract
Usman. dkk. Dosen IAIN Kerinci, Penelitian, Evaluasi Hasil Pembelajaran
Berbasis Karakter pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam Prodi PAI Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 2018.
Mahasiswa berkarakter mulia adalah tujuan dan harapan yang diimpikan bagi
setiap dosen di perguruan tinggi. Mahasiswa tidak hanya pintar dan cerdas serta
berketerampilan semata, tetapi juga memiliki karakter mulia pada setiap
knowledge Intelegency (kecerdasan pengetahuan), Attitude (sikap/kesdaran) dan
actual acting (perilaku nyata) melekat karakter nilai di dalamnya. Setiap material
ada maknanya/nilai. Bahkan esensi dan hakikat kemanusiaan manusia ada pada
makna dan nilainya. Mengapa tidak, manusia yang disebut baik adal;ah manusia
yang bernilai dan berguna Prof. Jujun S. Suria Sumantri dalam buku Filsafat
Ilmunya mengatakan: “apa guna otak cerdas kalau hatinya bejat”. Ungkapan ini
menjelaskan dan memutivasi untuk tidak hanya memberikan dan mengarahkan
pembelajaran pada aspek material teory, penguasaan konsep dan teori yang
inderawi saja, karena ini tidak cukup. Ia juga harus mengisi dan memperindah
setiap material teory dengan karakter/nilai.(kualitative value) untuk mencapai
tujuan pendidikannyadiperlukan evaluasi yang tepat dan profesional dengan
memberikan dominasi evaluasi karakter pada, yaitu good knowing, good feeling
dan good acting dengan merumuskan pertanyaan atau pernyataan yang dapat
membuka tabir nilai pada domain tersebut. Untuk itu, peneliti memberikan fokus
penelitian bagaimana konsep evaluasi hasil belajar kognitif, afektif, dan
psikomotorik berbasis karakter pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Islam
program studi pendidikan agama Islam fakulta Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Peneliti dalam melakukan pembahasan dan kajian penelitian menggunakan
metodologi penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan
beberapa sumber data dilokasi dan referensi buku yang dapat ditelaah dan dikaji
secara mendalam, guna untuk penggalian, penemuan, pembacaan, penjelasan
dan penyampaian makna atau simbol data yang tersurat dan terserat dari data
yang dikumpulkan. Semua data yang terkumpul diolah dan diolah dengan
analisis domain, daomain taksonomi dan tema cultural, selanjutnya dianalisis
dengan content analysis, akhirnya mendapatkan braind theory
Simpulan Pembahasan adalah (1) Format hasil pembelajaran kognitif berbasis
karakter sangat penting. untuik informasi pemenuhan good knowing yang
berstandar nilai tertentu, seperti pengetahuan, pemahaman, analisis, dan sintesis,
yang berkarakter. (2). Format hasil pembelajaran afektif berbasis karakter sangat
penting untuk mendapatkan informasi tingkat sikap, penerimaan, respons,
kemampuan menilai, mengorganisasikan, dan menghayati, meyakini dan
menyadari akan kebaikan ilmu itu. (3). Format hasil pembelajaran psikomotrik
berbasis karakter sangat penting untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan gerakan, dan tindakan seperti kemampuan pada aktivitas yang baik
sehari-hari tanpa disengaja gerakan dasar yang biasa, dan kemampuan dalam
menirukan dan melakukan tindak perilaku yang terlatih yang berkarakter
Koleksi
Subject
Files
LAPORAN HASIL PENELITIAN 2018.pdf380.48 KB
Karya Lainnya
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.