Psikologi

Khuntsa dalam Pandangan Kontemporer

Submitted by admin on Mon, 05/31/2021 - 09:23

Khuntsa adalah suatu keadaan ketika seorang individu memiliki dua kelamin dan tidak dapat diidentifikasikan apakah dia perempuan dan laki-laki.  Khuntsa dibedakan menjadi dua macam, 1) Khuntsa Musykil yaitu suatu keadaan kelamin ganda yang penentuan kelaminnya sangat sulit, 2) Khuntsa Gahiru Musykil yaitu keadaan kelamin ganda yang masih dapat dengan mudah diidentifikasikan kelaminnya. Fikih baru masih menggunakan pengertian lama mengenai khuntsa. Meskipun demikian, khuntsa di dunia modern dianggap sebagai anomali kelamin yang memungkinkan dan dapat terjadi pada beberapa orang.

Adab dan Pola Relasi Suami-Isteri

Submitted by admin on Thu, 03/04/2021 - 07:31

Tulisan ini bertujuan menggali informasi terbentuknya pola relasi suami-isteri dalam Buku Adab al-Islam fi an-Nidzhomi al-Usroh karya Syeikh Muhammad Alwi al-Maliki. Buku ini mengandung pelbagai urusan rumah tangga yang disandarkan pada al-Qur’an-Hadist serta Atsar Sahabat. Urgensi pola relasi suami-isteri telah banyak dikaji oleh para praktisi hukum islam sebagai modal terciptanya peranan besar seorang isteri dalam rumah tangga. Beranjak dari argumentasi inilah peneliti ingin mengkaji lebih lanjut pola relasi tersebut dan difokuskan pada Buku adab al-Islam fi an-Nidzhomi Usroh.

Urgensi Mempelajari Psikolinguistik Terhadap Pembelajaran Bahasa

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:41

Bahasa merupakan medium paling penting bagi semua intekrasi manusia dan dalam banyak hal bahasa dapat disebut sebagai intisari dari fenomena social. Bahasa sebagaimana yang dikatakan oleh ahli psikolinguistik, bahwa tanpa adanya bahasa, tidak akan ada kegiatan dalam masyarakat selain dari kegiatan yang didorong oleh naruni saja. Sehingga bahasa merupakan pranata social yang setiap orang menguasai, agar dapat berfungsi dalam daerah yang bersifat kelembagaan dari kehidupan social.

Body Image Siswa Ditinjau Dari Gender

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 13:15

Body image is a description of perceptions, feelings and attitudes about the body as a whole person or a particular the part of body. The differences of body image is influenced by several aspects. Among of them, there is gender. The aims of this research are :1 ) to describe the body image of male students , 2 ) to describe the body image of female students, and 3 ) to find out the body image differences between male students and female students. This research was descriptive research by using quantitative approach.

Penulis
Koleksi

Latihan Asertif Bagi Siswa Korban Bullying Di Sekolah

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:51

Bullying merupakan istilah untuk tindakan kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat baik dari segi umur, kekuatan, kekuasaan kepada pihak yang lemah. Bentuk dari perilaku bullying yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying mental/psikologis yang dapat berdampak buruk kepada korbannya, seperti lebam, luka, sakit, penakut, dan lain sebagainya dan untuk jangka panjang yaitu terganggunya kondisi psikologis dan penyesuaian sosial yang buruk.

Penulis
Koleksi

Aspek-Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:35

An educator should be able to realize the teaching behavior appropriately, in order to be able to realize the fair behavior of students through effective teaching and learning interactions in a conducive teaching and learning situation. One of them know what the psychological aspects in teaching. Psychological aspects of learning including the interests, attitudes, motivation and activity arising or developing in the learning process.

Penulis
Koleksi