Jafar Ahmad

Demokrasi Dan Etnisitas: Studi Politisasi Kelompok Etnik Pada Pemilihan Walikota/ Wakil Walikota Jambi Tahun 2013

Submitted by admin on Wed, 03/03/2021 - 08:32

Sistem politik Indonesia yang telah mengalami pelbagai perubahan sejak runtuhnya rezim Orde Baru di bawah Soeharto menunjukkan terjadi pergeseran kekuasaan dari pemerintah pusat ke masing-masing daerah. Pergeseran ini membuka peluang bagi kelompok etnik untuk memainkan peran dalam merebut kekuasaan tersebut. Beberapa peristiwa perebutan kekuasaan yang mengandalkan sentimen etnik terjadi di banyak tempat. Pertanyaan pentingnya apakah pergeseran kekuasaan dengan mengandalkan sentimen etnis juga terjadi di Kota Jambi?

Penulis
Koleksi

Sistem Pemerintahan Tigo Tali Sepilin, Tungku Tigo Sejerang: Pendidikan Politik Karakter dari Adat dan Budaya Lokal

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 07:40

Masa Reformasi sebagai penanda runtuhnya kekuasaan Soeharto yang dibangun selama 32 tahun pada tahun 1998 mengakibatkan runtuhnya sistem politik, sosial, ekonomi, agama, bahkan budaya yang terbangun melalui usaha sadar maupun tidak sadar dalam rentang waktu 1966 – 1998 tersebut. Namun, di sisi lain, runtuhnya rezim Soeharto, justeru membangunkan sistem lama yang telah tenggelam, tepatnya, ditenggelamkan oleh pemerintahan Orde Baru.

Penulis
Koleksi

Kebijakan Industri Malaysia - Kebijakan Industri Mahatir 1988-1985

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 07:13

This study aims to understand and explain the policy of the Malaysian economy, particularly industrial policy on bin Mohamad Mahathir administration in the period 1983-1990 in the automotive field. Another objective of this research was to determine and explain the efforts made ​​Mahathir, as Prime Minister of Malaysia, in the run goal of industrialization. The type of this research is descriptive-analytical, ie exposure data that is in the process of industrialization of Malaysia as well as analyze the results in order to be understood.

Penulis
Koleksi

Pendidikan Karakter dan Perilaku Memilih Warga Kota Sungaipenuh

Submitted by admin on Sun, 02/07/2021 - 16:36

Di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, keterlibatan langsung warga dalam setiap pemilihan politik telah membawa perubahan besar. Tidak saja bagi meningkatnya partisipasi warga secara langsung dalam politik, namun juga beberapa ekses negatif terhadap prilaku memilih warga. Di antara yang paling menonjol adalah pola pilihan yang sangat dipengaruhi oleh unsur primordialisme dan penggunaan uang sebagai imbalan dalam pemilihan.

Penulis
Koleksi