Jalwis

eksistensi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Islam

Keberadaan pondok pesantren telah di akui dengan surat keputusan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama, keputusan tersebut juga telah di tindak lanjuti dengan keputusan bersama direktur jendral pembinaan kelembagaan agama islam dengan direktur jendral. untuk mempertahankan keberadaan pesantren, saat ini telah menwarkan banyak kurikulum.

Character Education in Quran Thematic Interpretation of QS Luqman 12-19 and Its Relevance to Character Education by the National Ministry of Educaiton

In Surah Luqman Verses 12-19 contained the formulation of educational values primary of character education. Research on the content of the verse is necessary and compelling to instill character values in children and at the same time berate children from environmental influences. This study uses a qualitative strain with library research. The purpose is to know the values of character education contained in the Surah Luqman verses 12-19 and to determine its relevance to the character education of the Ministry of National Education. Content analysis is a method used for textual and language.
Penulis
Koleksi

Refleksi Kepemimpinan dan Strategi Perang Nabi Muhammad (Studi Kontekstual Legitiimasi Sejarah Perang Uhud)

Abstrak Dalam titik-titik sejarah perang Uhud perang ini merupakan perang kedua yang terjadi sejak didirikannya pemerintahan Islam oleh nabi Muhammad di Madinah. Perang ini disebabkan oleh faktor agama, faktor sosial, faktor ekonomi dan faktor politik. Beberapa literatur menyebutkan bahwa nabi Muhammad dan pasukannya mengalami kekalahan dalam peperangan ini karena banyaknya jumlah mujahid yang wafat. Namun, dalam perspektif ketercapaian tujuan awal faktor penyebab dari perang ini, tidak satupun keberhasilan yang diperoleh Quraisy dan infantrinya.

Pendidikan dalam Perspektif Hadist

Pendidikan adalah sebuah sistem yang mengandung aspek visi, misi, tujuan, kurikulum, bahan ajar, proses belajar mengajar, guru, murid, manajemen, sarana prasarana, biaya, lingkungan dan lainnya . Dalam kerangka pendidikan hadits dipandang sebagai sumber rujukan, sumber informasi dan konfirmasi ilmu pengetahuan menjadi dasar dan landasan berfikir dalam pengembangan keilmuwan. Cara pandang terhadap hadits mengalami perkembangan. Hadits dipandang sebagai suatu yang dinamis, sesuatu yang berkembang dan berubah sejalan dengan perubahan waktu dan tempat.
Penulis
Koleksi

Pendidikan Akhlak Menurut Al-Qur'an (Pendekatan Metode Tematik)

AI-Qur'an dalam mengungkap sesuatu tidak hanya menjelaskan secara rinci (ta/si/i) tetapi diantaranya diungkap secara global (ijmali)1 atau yang bersifat pokok-pokoknya saja. Dilain pihak ungkapannya bukanlah secara sistematis roelainkan banyak diantaranya bersifat tematis, yang mana masing-masing ayat merupakan satu kesatuan yang utuh, ayat yang satu menjelaskan ayat yang lain.
Penulis
Koleksi

Konstruk Pendidikan Multikultural (Studi Urgensi Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Kurikulum Pendidikan)

Multicultural education is an education that teaches students the values of heterogeneity in a comprehensive and thorough manner. The birth of a multicultural education discourse is a response to the symptoms of multiculturalism in Indonesian society. Therefore, the existence of multicultural education is to create stability and national integration, as well as increase the quality of society's civilization in a positive direction.
Penulis
Koleksi

Konsep Pendidikan Mulikultural Dalam Al-Qur'an dan Relevansinya Dengan Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Kota Sungai Penuh

JALWIS, 88311173, The Concept of Multiculutral Education in the Qur'an an its Relevance with Multicultural Education in the Teaching of Islamic Education at Senior High Schools in Sungai Penuh city, Dissertation, Padang; Postgraduate Doctoral Program of UIN Imam Bonjol Padang. The dynamics of education an religion in social reality are two study perspectives that run synchronously in the society's construct. Transformation and renewal in education is a must, to answer the increasingly dynamic and complex problems of educational phenomena.
Penulis
Koleksi

Kondisi dan Suasana Pembelajaran Efektif Yang Islami

Pembelajaran atau mengajar adalah upaya guru untuk mengubah tingkah laku siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran adalah upaya guru untuk supaya siswa mau belajar. Sedangkan belajar adalah perubahan tingkah laku siswa. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa mengajar bukan upaya guru untuk menyampaikan bahan, tetapi bagaimana siswa dapat mempelajari bahan sesuai dengan tujuan. Belajar adalah perubahan yang konstan, berbekas, dan menjadi milik siswa, rnaka dalam belajar siswa mengalami proses dan meningkatkan kemampuan mentalnya.
Penulis
Koleksi