Dakwah

Konsep Dakwah Dalam Memelihara Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Sekitar Hutan (Studi Kasus Di Kabupaten Kerinci)

Submitted by ivansunata on Tue, 04/06/2021 - 16:08

Dakwah sebagai pilar Islam dalam menyampaikan wahyu Allah harus diartikan secara luas, materi dakwah tidak hanya terkait hal-hal pokok (tauhid) tetapi juga menyangkut kelestarian alam dan kesejahteraan umat (masyarakat). Hutan harus dikelola secara bersama-sama antara masyarakat dan pemerintah sehingga terjaga kelestariannya, sementara masyarakat yang tinggal di sekitarnya tersejahterakan.

Penulis
Koleksi

Dakwah Sirriyah dan Jahriyah Perspektif Al-Qur'an

Submitted by ivansunata on Tue, 04/06/2021 - 15:43

Dakwah merupakan kegiatan penyebarluasan ajaran agama Islam, pelakunya disebut daʻi. Berdasarkan nash Al-Quran, kata daʻi pertama kali digunakan untuk Allah, Iblis, baru setelah itu Rasulullah SAW. Saat mengemban misi Allah SWT tersebut, Rasulullah SAW pertama kali melaksanakannya dengan cara sembunyi-bunyi, karena selain Islam adalah agama baru yang ajaranya intinya adalah mentauhidkan Allah SWT, dakwah Nabi Muhammad juga mendapat penolakan dari kaum kafir Quraisy.

Penulis
Koleksi

Perspektif Pemikiran Politik Islam: Suatu Analisis Pendahuluan Pemikiran Politik Lembaga Dakwah Islam Indonesia

Submitted by admin on Wed, 03/03/2021 - 10:33

Discoursus terhadap peta pemikiran politik senantiasa menjadi pembicara yang menarik dalam semua lini masyarakat.Karena eksistensi politik sendiri tidak dapat dipisahkan dari unsur agama dan unsur duniawi. LDII sebagai organisasi social keagamaan telah turut mewarnai pemikirannya dalam konstalasi politik Islam di Indonesia

Penulis
Koleksi

Perspektif Iman Dalam Akidah Politik Lembaga Dakwah Islam Indonesia

Submitted by admin on Wed, 03/03/2021 - 08:56

Persoalan eksistensi keimanan al-Qur’an dalam konstlasi politik umat Islam telah memabawa dan mengantarkan pada permasalahan iman dan kufur. Sebagai akibat pemahaman tersebut yang menjadikan umat Islam terbagai dalam beberapa aliran akidah yang berbeda dalam menetapkan imana dan kufur dari agama Islam.   

Penulis
Koleksi

Pemikiran Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII): Analisis Praktik Keagamaan dan Pengaruhnya di Kabupaten Kerinci

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:16

Permasalahan pokok dalam penelitian ini antara lain: 1) bagaimana latarbelakang sejarah LDII di Kerinci; 2) bagaimana asas keagamaanLDII?; dan 3) bagaimana pengaruh paham keagamaanLDIIaspek Ibadah?.Kaedah penelitian yang digunakan adalahkualitatif dengan menggunakan teknik analisa dataflowanalysis.

Penulis
Koleksi

Metode Penalaran Penganut Tarikat Syathariyah Kabupaten Kerinci Dalam Memahami Terminologi/ Teks Al-Quran Dan Hadits Satu Kajian Deskriptif

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 10:03

Selama ini masyarakat di luar penganut tarikat Syathariyyah hanya bisa mendapatkan gambaran tentang metode penalaran terhadap terminologi tarikatini tanpa adanya data dan pembuktian. Penelitian ini berupaya sedapat mungkin untuk mendapatkan gambaran tentang metode mereka dalam menginterpretasi terminologi yang ada dalam materi pengajian mereka. Kemudian penelitian ini juga untuk mendapatkan informasi tentang metode-metode mereka di dalam pendekatan mereka terhadap Tuhan, seperti juga apa yang dipraktekkan oleh tokoh-tokoh dalam tashawuf Islam sejak dulunya.

Penulis
Koleksi

Menguak Tabir Sejarah Kebudayaan Islam di Kerinci Lewat Rekonstruksi Benda Cagar Budaya dan Bersejarah

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 08:34

Kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya sejarah menyebabkan masyarakat kurang mengerti akan nilai nilai yang terkandung dalam benda-benda bersejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan menggunakan metode kualitatif.Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembangunan masjid merupakan asas dari masyarakat yang beragama Islam, akantetapi pembangunannya merupakan perpaduan budaya Islam, budaya lokal, serta budaya luar. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah perkembangan kebudayaan Islam di Kerinci penuh toleransi dan berjalan damai.

Penulis
Koleksi

Presisi Arah Kiblat Masjid-Masjid Di Kabupaten Kerinci

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 08:32

Pada umumnya penentuanarahkiblatmasjid-masjiddikabupatenKerinci hanyamenggunakankompas sertaarahkiblatyang merekayakini,yaknike barat.Olehkarenaituperlupengecekankembaliarahkiblatsupayaakurat dan tepat sesuai syar’i dan astronomi.Metodeyang dipilihuntuk mengukurarah kiblat yakniteodholit berdasarkan  posisi   matahari  setiap saat.

Penulis
Koleksi

Optimalisasi Fungsi Sosial Masjid Sebagai Sarana Pembinaan Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) Dan Remaja di Desa Hiang Sakti Kecamatan Sitinjau Laut

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 08:28

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya, bentuk sertaoptimalisasi fungsi sosial Mesjid padaBadan Kontak Majlis Taklim dan Remaja di Hiang Sakti Kecamatan Sitinjau Laut. Penelitian ini dilakukan di Desa Hiang Sakti.

Penulis
Koleksi