Deskripsi/Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting
dalam matematis, tetapi capaiannya belum maksimal.
Penelitian deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas
VIII MTs dalam menyelesaikan masalah matematika
pada bentuk aljabar. Pengumpulan data menggunakan
teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 3
buah soal uraian kemampuan pemahaman konsep
matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara
kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan
penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 8
orang siswa kelas VIII pada salah satu MTs di Tanah
Kampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualifikasi kemampuan pemahaman konsep matematis
25% siswa dikategorikan sangat baik dalam mengenal
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk aljabar dari operasi bentuk aljabar,
dan menyelesaikan operasi bentuk aljabar pada masalah
kontekstual. Selanjutnya, kategori baik dicapai oleh
37,5% siswa, kategori cukup dicapai oleh 25% siswa, dan
kategori kurang dicapai oleh 12,5% siswa. Tidak
ditemukan siswa dengan kemampuan pemahaman
konsep matematis sangat kurang.
Koleksi
Subject
Files
b. Artikel Watermark Amanda Putri.pdf
Downloaded 1 time
c. Scan pdf seluruh file yang sudah ditanda tangani.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.