PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:16
Deskripsi/Abstract
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka ditarik kesimpulan bahwa: 1. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash dengan pendekatan saintifik memberikan output berupa apk. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu a. Tahap analisis; b. Tahap perencanaan; c. Tahap pengembangan; dan d. Tahap implementasi. a. Tahap analisis dilakukan dengan menganalisis terhadap data-data observasi lapangan, hasilnya sebagai berikut: 1) guru kurang memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada proses belajar mengajar khususnya pada matematika; 2) peserta didik dalam proses pembelajaran cenderung bosan dan bersifat pasif saat pembelajaran berlangsung; 3) guru hanya menggunakan sumber belajar buku teks sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan maka diperlukan media pembelajaran yang bisa merangsang dan membangkitkan semangat belajar peserta didik, serta media pembelajaran yang bisa digunakan baik secara individu maupin kelompok. Diperlukan media pembelajaran yang bisa menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik dengan menciptakan soal soal interaktif. b. Tahap perencanaan dilakukan setelah tahap analisis, analisis akan berguna sebagai acuan dalam merencanakan bentuk dari pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tahap perencanaan meliputi perumusan tujuan pembelajaran, indikator pembelajaran, pembuatan flowchart, dan storyboard media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash dengan pendekatan saintifik pada materi lingkaran. c. Tahap pengembangan dilakukan setelah tahap perencanaan. Tahap pengembangan produk media pembelajaran mencakup dengan pembuatan media pembelajaran, validasi ahli materi, dan ahli media. d. Tahap implementasi dilakukan melalui dua tahap yaitu 1) uji coba kelompok kecil, dan 2) uji coba kelompok besar. 2. penilaian media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif berdasarkan ahli materi tahap 1 pada aspek pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan kategori baik dan aspek isi memperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan kategori baik. Selanjutnya penilaian ahli materi tahap 2 pada aspek pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,7 dengan kategori baik dan aspek isi memperoleh rata-rata 4 dengan kaategori baik. Media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli media tahap 1 pada aspek tampilan memperoleh rata-rata 3,7 dengan kategori baik dan aspek pemrograman memperoleh rata-rata 3,6 dengan kategori baik. Selanjutnya penilaian ahli media tahap 2 pada aspek tampilan memperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik dan aspek pemograman memperoleh rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. 3. Penilaian media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian siswa memperoleh rata-rata skor 4,6 dengan kategori sangat baik. 4. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan ahli materi mendapat skor rata-rata 3,8 dengan kategori baik dalam aspek pembelajaran dan isi. Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan ahli media mendapatkan rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik dalam aspek tampilan dan aspek pemograman. Selannjutnya kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian peserta didik mendapat skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka produk media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash dengan pendeketan saintifik layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VIII.
QR code for this page URL
Waktu Publikasi

Karya Lainnya

Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.

Berdasar Tags

Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.