Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan etika kerja dan lingkungan kerja, yang mana dapat berpengaruh negatif terhadap produktivitas kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya 1) Pengaruh Etika Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru. 2) Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru. 3) Pengaruh Etika Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 20.0. Serta teknik pengumpulan data yaitu berupa kuesioner (Angket), observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 guru di SMA Negeri 13 Kerinci dan MAN 2 Kerinci dan pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik total sampling. Data hasil penelitian ini di analisis menggunakan uji signifikan parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F) dan uji Koefisien Determinan (R). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil dari t hitung etika kerja terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai signifikan sebesar (0,000<0,05) dan (2) Hasil dari t hitung lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai signifikan sebesar (0,008<0,05). Sedangkan Hasil dari F hitung etika kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai signifikan sebesar (0,000<0,05). Kekuatan hasil uji SPSS ini diperkuat dengan hasil dari uji Koefisien Determinan (uji R2 ) sebesar 0,875. Sehingga dapat disimpulan bahwa etika kerja secara pasrial dan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru. Sedangkan secara simultan etika kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru. Kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen memiliki besaran 87,5% sedangkan kontribusi variabel independen diluar penelitian ini sebesar 0,125 atau 12,5%