Filsafat

Alih Keberagamaan dalam Islam dengan Paradigma Ahkami, Falsafi, Dan Wijdani

Submitted by admin on Mon, 05/31/2021 - 09:27

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang paradigma yang dihasilkan oleh kegiatan intelektual orang beriman sebagai ciri alih keberagamaan umat Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (Library Research) teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Hasil Kegiatan intelektual ini adalah ada tiga paradigma yang digunakan oleh orang beriman yang digunakan sebagai dasar alih keberagamaan yaitu paradigma ahkami, falsafi dan wijdani.

Penulis
Koleksi

The upside of disruption Megatrends shaping 2018 and beyond

Submitted by admin on Sun, 03/21/2021 - 12:35

Today, corporate leaders almost universally see disruption as both an opportunity and an existential threat. Responding necessitates a view that is both wider and more narrowly focused. Generated by the EY global think tank, EYQ, the latest issue of EY’s Megatrends report helps to resolve this apparent duality by exploring the key disruptive trends of the future while explaining where disruption comes from and where it’s headed.

Kajian terhadap Kitab Al-Kafi Fi Fiqh Imam Ahmad Karya Ibnu Qudamah

Submitted by admin on Wed, 03/03/2021 - 15:36

Al-Kafi adalah kitab fiqh yang membuat pembahasan lengkap dan luas, sehingga dapat dijadikan pedoman dan referensi di bidang fiqh. Kitab ini terdiri dari empat jilid. Dilihat dari substansi dan dasar ijtihadnya, kitab ini boleh dikatan sebagai kitab fiqh sunnah, yakni kitab fiqh yang mengemukakan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi sebagai basis utama dalam menetapkan hukum. Di samping itu, dalam penyajiannya dikemukakan pula beberapa riwayat yang memuat pendapat-pendapat Imam Ahmad bin Hanbal mengenai masalah yang dibahas.

Penulis
Koleksi

Konsep Ekonomi Tasawuf (Telaah Kitab Al Luma’, Al Hikam, dan Risalatul Qusairiyah)

Submitted by admin on Wed, 03/03/2021 - 15:30

onsep ekonomi tasawuf  adalah sebuah konsep ekonomi dimana para sufi memandang dan melaksanakan kegiatan ekonominya dengan mengabungkan syariah, tauhid dan ihsan, inilah yang menjadi ciri khas yang membedakan kegiatan ekonomi para sufi dengan masyarakat lainnya. Penelitian ini berusaha menggambarkan secara utuh seputar konsep tasawuf mengenai zuhud, qona’ah dan syukur dalam beberapa referensi tasawuf Risalatul Qusyairiyah, Al-Luma, dan Al-Hikam untuk kemudian dikaji dalam perspektif  ekonomi Islam.

Penulis
Koleksi

Tinjauan Teologi Islam di Dunia “Isu dan Prospek” Frederick Mathewson Denny

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:19

The purpose of this article is to find out the paradigm of classical to modern Islamic theology, and how Islamic theology is in North American settings. Classical kalam science is Islamic theology which is more inclined to the theocentric or divine discussion which is the subject of its discussion. Theology of modern kalam theology of Islam is a system of values ​​that are divine, but from a sociological point of view, it is a phenomenon of civilization, culture, and social reality in human life.

Ideologi Dalam Pendidikan Islam

Submitted by admin on Mon, 03/01/2021 - 13:19

Conservatism is looking at everything from a religious perspective. In talking about science and education, it tends to flow purely normative and religious. Because of interpreting the reality of the universe stems from religious teachings, then all that concerns about learning, sharing of knowledge, ethics teachers and students and other educational component must originate from the religion teaching. The purpose of religion is the purpose of learning.

Penulis
Koleksi

Epistemologi

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:44

Epistemologi selalu menjadi bahan yang menarik untuk dikaji, karena disinilah dasar-dasar pengetahuan maupun teori pengetahuan yang diperolehmanusia menjadi bahan pijakan. Konsep-konsep ilmu pengetahuan yang berkembang pesat dewasa ini beserta aspek-aspek praktis yang ditimbulkannya dapat dilacak akarnya pada struktur pengetahuan yang membentuknya. Dari epistemologi, juga filsafat -dalam hal ini filsafat modern-terpecah berbagai aliran yang cukup banyak, seperti rasionalisme, pragmatisme, positivismemaupun eksistensialisme.

Konsep Hubungan Lafaz Dan Makna (Sebuah Kajian Epistimologis)

Submitted by admin on Sun, 02/28/2021 - 12:41

Sesungguhnya para linguis, baik yang ada di Barat maupun yang ada di Timur, baik yang termasuk linguis klasik maupun modern, telah melakukan banyak pengkajian tentang bahasa terutama hal-hal yang berkaitan dengan lafal dan makna, yang keduanya merupakan bagian terpenting dalam bahasa.

Penulis
Koleksi

Lanskap Corak Filsafat Islam

Submitted by admin on Sat, 02/06/2021 - 12:58

Studi ini perlu menggambarkan sejarah filsafat Islam sebagai salah satu jalan komparasi antara filsafat Barat, sekaligus sebagai jawaban atas polemik sejarah perjalanan ilmu pengetahuan di dunia Islam, di satu sisi ada yang menganggap bahwa ilmu pengetahuan di dunia Islam pernah mengalami kemandegan sebagaimana yang terjadi di Barat, yang lazimnnya disebut sebagai abad pertengahan. Tudingan ini datang baik dari kalangan pemikir Islam sendiri, dan pemikir Barat, di lain sisi ada anggapan bahwa pengetahuan di dunia Islam tidak pernah redup hingga hari ini.

Peradaban Islam: Sebuah Konstruk Transformasi Ilmu Pengetahuan

Submitted by admin on Sat, 02/06/2021 - 12:48

Tulisan ini bertujuan untuk menjawab permasalahan konstruk transformasi ilmu perngetahuan dalam Islam. Melalui pendekatan peradaban Islam yang ada pada tulisan ini, maka permasalahn tersbut dapat dijawab. Tulisan ini diakhir dengan kesimpulan bahwa perubahan sosial dan agama menemukan relevansinya ketika sejarah manusia secara faktual tidak pernah lepas dari sisi kehidupan keagamaannya.

Penulis
Koleksi