Muhammad Alfian

Peran Pesantren sebagai Salah Satu Lembaga Pendidikan Islam

Submitted by admin on Mon, 05/31/2021 - 09:42

Salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah lama berkembang dan berakar kuat tradisinya  adalah pesantren. Namun, nama pesantren sempat tercoreng namanya dengan dikaitkan sebagai asal muasal paham radikalisme di Indonesia, yang masih berupa isu semata. Oleh karenanya, menarik untuk diteliti dan diketahui mengenai berbagai sepak terjang pesantren di Indonesia dengan tradisi keislamannya serta kontribusi lainnya diranah pembentukan moral Islam, serta dalam ranah social serta ekonomi dalam ranah umumnya.

Pendekatan Linguistik dalam Pengkajian Hukum Islam Klasik

Submitted by admin on Thu, 03/04/2021 - 07:45

Artikel ini membahas mengenai penggunaan pendekatan linguistik dalam pengkajian hukum Islam klasik. secara periodik, hukum Islam klasik berkembang dari masa rasulullah hingga sampai pada masa bani abbasiyah dengan menunjukan pola yang dinamis dan unik pada tiap periodenya. Pendekatan linguistik dalam pengkajian hukum islam digunakan untuk mengambil tafsiran baru dari hukum Islam klasik, yang masih dianggap relevan untuk keadaan sekarang. Hal ini karena bahasa Arab merupakan bahasa unik yang bisa menghasilkann bentuk tafsiran yang beragam, tergantung cara mana yang kita pakai.

Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 13:16

Pendidikan Islam adalah hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup umat Islam secara khusus, karena lewat pendidikan Islam inilah kita nengkaji, mengelola dan mengembangkan studi keislaman sesuai dengan keadaan zaman. Perubahan zaman, meniscayakan adanya perubahan interaksi antar umat manusia,khususnya umat Islam dan ajarannya, sehingga dibutuhkan penafsiran lebih lanjut dalam ajarannya, berkaitan pula dengan pemikiran pendidikan Islam.

Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 12:59

Ibn Makawaih is a philosopher who focuses on morals. Ibn Miskawaih states that morality is a state of the soul of a person who encourages to do something without going through consideration of thoughts first. The purpose of moral education formulated by Ibn Miskawaih is the realization of an inner attitude that is able to encourage spontaneously to give birth to all good-value actions so that they can achieve perfection and obtain true and perfect happiness.

Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zayd

Submitted by admin on Tue, 03/02/2021 - 12:29

pengkajian keislaman dengan mengambil al-Qur’an sebagai objeknya sudah banyak dilakukan, dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode tertentu. Salah satu bentuk pengkajian tersebut, dilakukan oleh Nasr Hamid Abu Zayd dengan menggunakan pendekatan hermeneutika. Dalam kajiannya, secara umum Abu Zayd mengatakan bahwa pemaknaan terhadap teks al-Qur’an, tidak terlepas dari konteks zaman pada masa turunnya, keduanya pasti memiliki saling keterkaitan sehingga dari situlah, Abu Zayd mengeluarkan teori mengenai Ta’wil, Talwin, dan Pembaacaan Produktif