Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iainkerinci.ac.id/jspui/handle/123456789/65
Title: KARAKTER PENDIDIK MENURUT IMAM AL-MAWARDI DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU INDONESIA (Telaah Kitab Adâb al-Dunyâ wa al-Dîn )
Authors: Jamin, Ahmad
Keywords: Adab Pendidik
Kode Etik Guru Indonesia
Issue Date: 3-Nov-2014
Publisher: Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang Indonesia
Abstract: Salah satu hal yang menarik pada ajaran Islam ialah penghargaan yang sangat tinggi terahadap ulama (pendidik). Dalam pandangan al-Qur’an dan hadis ulama (pendidik) diposisikan pada tempat terhormat. Eksistensi dan fungsi pendidik dalam dunia pendidikan sangat crusial, sebab tugasnya tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga mengin-ternalisasikan nilainilai dalam rangka pembentukan sikap dan kepribadian. Tugas pokok pendidik adalah educating for characters (membentuk kepribadian peserta didik) di samping tugas pengajaran. Dengan kata lain. tugas pendidik tidak hanya dan mentarnsformasikan ilmu pengetahuan (transformation of knowledge), tetapi yang lebih penting adalah menanamkan (internalization) nilai-nilai (values/qimah) kepada peserta didik. Di antara permasalahan serius yang mewarnai pendidik di Indonesia adalah “krisis karakter di kalangan pendidik”. Peran pendidik sebagi teladan (uswat), yang di gugu dan ditiru nyaris kehilangan makna. Sebagaimana diketahui, sederet peristiwa kekerasan yang dilakukan oleh oknum guru di sekolah muncul di media massa. Bentuk kekerasan yang dilakukan cukup beragam seperti menampar, menendang, pelecehan seksual dan sebagainya. Dalam kitab Adâb al-Dunyâ wa al-Dîn, al-Mawardi mempunyai gagasan dan pemikiran yang yang konkrit, komprehensif dan mendalam khususnya dalam konteks adab (karakter) pendidik. Pemikiran alMawardi tersebut diyakini relevan dan fungsional dalam mengurai benang kusut dunia pendidikan Indonesia kuhusus bagi pemecahan krisis karakter dikalangan pendidik, dan sekaligus dapat menjadi rujukan dan pedoman dalam penguatan dan penyempurnaan rumusan Kode Etik Guru Indonesia.
URI: http://repository.iainkerinci.ac.id/jspui/handle/123456789/65
ISBN: 978-602-71654-0-3
Appears in Collections:Prosiding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PROCEEDING IAIN IB 2015.pdfInternational Seminar on Islamic Studies, 03 November 2014 To Strengthen the Image of Islamic Studies in Tafaqquh fi al-Dīen3.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.