Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iainkerinci.ac.id/jspui/handle/123456789/49
Title: FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM : Peranan Kompetensi Pendidik dalam Proses Pembelajaran
Authors: Alam, Masnur
Issue Date: Aug-2014
Publisher: Alfabeta, Bandung
Abstract: Kompetensi kinerja profesional yang dimiliki pendidik secara umum dalam proses pembelajaran sangat urgen, seperti: kemampuannya dalam merencana proses pembelajaran meliputi tujuan, isi bahan pelajaran, metode dan teknik, dan evaluasi. Melaksana/mengelola proses belajar mengajar yaitu menciptakan dan memeliharakan kondisi belajar yang kondusif, optimal. Mengevaluasi secara objektif, kontinu dan komprehensif. Dan melakukan pengembangan kurikulum berdasarkan Standar Nasional, Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Kendatipun diakui masih ditemui beberapa guru belum secara rutin mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), belum melaksanakan pembelajaran yang inovatif, belum melakukan evaluasi formatif/proses, dan merevisi, merubah dan memperbaiki kurikulum. Dengan kemampuan yang belum merata dan masih bervariasi perlu disemangati melalui berbagai upaya, agar kompetensi dapat ditingkatkan. 32 Terkandung filosofis yang sangat dalam tentang peran kompetensi profesional pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan, karena secara umum keberadaannya sangat dominan dan urgen, terutama dengan meningkatkan mutu pendidikan. Eksistensi guru profesional sebagai kurikulum berjalan, sebagai ujung tombak pendidikan, merupakan tokoh sentral yang bersintuhan langsung dengan peserta didik, berada di garda terdepan dalam semua kegiatan, mampu mengimbangi bahkan melampaui peran ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang alat atau media pembelajaran. Dalam menghadapi Ujian Nasional 2013, kepala madrasah bersama para pendidik telah membuat strategi dalam meningkatkan mutu dengan memberi bimbingan, pelatihan, membantu, mengarahkan, melaksanakan try out dan meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan bimbingan khusus kelompok belajar di rumah, dengan demikian peserta didik dapat lulus 100 % pada Ujian Nasional tahun 2013. Begitu juga prestasi lain yang diperoleh dalam berbagai event.
URI: http://repository.iainkerinci.ac.id/jspui/handle/123456789/49
ISBN: 978-602-289-160-4
Appears in Collections:Buku Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.